Apa itu CAPTCHA? Fungsi CAPTCHA pada website apa?

Apa itu CAPTCHA?

CAPTCHA dirancang untuk menentukan apakah user adalah manusia nyata, bukan robot. CAPTCHA sendiri merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart.

Meskipun CAPTCHA sendiri dirancang untuk memblokir BOT, CAPTCHA sendiri juga merupakan program otomatis. Pemrogramannya dirancang untuk muncul di lokasi tertentu di suatu website, dan secara otomatis dapat menentukan apakah user lolos atau gagal. Jika Anda menggunakan jasa web design Indonesia, umumnya website pasti menggunakan fitur ini

Bagaimana CAPTCHA bekerja?

Saat ini, beberapa website masih menggunakan fitur CAPTCHA, dan desainnya mengharuskan user untuk mengenali huruf atau angka. Huruf-hurufnya terdistorsi, sehingga umumnya BOT tidak bisa mengenalinya. Para user harus menafsirkan teks yang terdistorsi, mengetikkan huruf dan angka dengan benar ke dalam bidang formulir, lalu mengirimkan formulir. Jika huruf tidak cocok, pengguna akan diharuskan untuk mengulang. Tes ini biasanya digunakan dalam formulir login, formulir pendaftaran akun, penawaran online, dan halaman checkout e-commerce.

Fungsi CAPTCHA terhadap website

Dengan mempunyai fitur CAPTCHA di website bisnis Anda, fitur tersebut bisa melindungi data pengunjung dan juga website Anda dari serangan akun palsu. 

Akun palsu bisa mencuri data penting di website perusahaan Anda. Misalnya data pembelian atau data pribadi pengunjung website bisnis Anda. Dengan begitu, bisnis Anda akan terlihat sebagai bisnis terpercaya.

Tidak hanya itu, jika Anda memiliki website bisnis, banyaknya jumlah komentar spam akan membuat pengunjung website bisnis Anda tidak nyaman dan mempengaruhi user experience (UX) pada website Anda. Karena itulah, hal ini akan mempengaruhi hasil jasa SEO pada website perusahaan Anda dan sulit untuk meningkatkan peringkat website di Google Search.

Untuk info lebih lengkap mengenai jasa web design Jakarta, silahkan menghubungi Tomato Digital Indonesia.