Pentingnya Algoritma Google untuk optimasi website SEO

Dengan lebih dari 2 miliar jumlah website di dunia dan 2 triliun pencarian per tahunnya, Google telah bekerja keras agar para user bisa lebih mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Bagaimana cara mengelola itu semua? Google mengeluarkan suatu sistem yang dinamakan Algoritma.

Apa itu Algoritma Google?

Algoritma Google sebenarnya adalah suatu sistem kompleks yang membantu user untuk menemukan apa yang mereka butuhkan dalam pencarian di Google Search. Algoritma ini akan menyala sepanjang harinya untuk menangani masalah pencarian.

Google sendiri tidak menjelaskan banyak mengenai cara kerja Algoritma Google itu sendiri, namun Google memberi tahu apa saja yang menjadi penentu agar website bisa muncul di halaman hasil pencarian Google (SERP):

 

  1. Kualitas website, baik dari penampilan maupun kegunaan 
  2. Kualitas konten
  3. Seberapa relevan konten website dengan keywords yang digunakan user

 

Algoritma Google sering berubah dan pembaruannya dapat merubah struktur dan ranking website di halaman pencarian Google. Tidak hanya itu juga, Google E-A-T ini juga mempengaruhi algoritma Google bekerja.

Seberapa sering Algoritma Google berubah?

Google sendiri melaporkan bahwa pembaruan algoritma dapat terjadi puluhan bahkan ratusan kali dalam setahun.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda tahu jika pembaruan Algoritma sedang terjadi? Jawabannya: tidak ada yang tahu!

Bagaimana jika perubahan Algoritma Google membuat ranking website berubah total?

Sangat mudah untuk menyalahkan pembaruan algoritma Google untuk perubahan traffic dan posisi website di SERP. Namun sebelum Anda berasumsi bahwa itu masalahnya, penting sekali untuk melakukan analisa mengapa posisi website Anda berubah lewat Google Analytics dan Google Search Console.

Nah tapi tenang saja, jika Anda menggunakan jasa SEO Jakarta, pastinya agency digital marketing, seperti Tomato Digital Indonesia akan mengoptimasi website dengan baik dan rutin, sehingga hasil SEO pun tetap stabil!