Jenis traffic website di Google Analytics

Istilah traffic di Google Analytics

Traffic dalam istilah Google Analytics, mengacu pada pengguna atau pengunjung yang datang ke website Anda dari berbagai sumber. Ini adalah istilah yang mencakup semua yang menggambarkan aktivitas yang dilakukan pengguna untuk mencapai website  Anda dan cara mereka tiba di sana.

Adapun jenis traffic website di Google Analytics ada 5, yaitu

Direct Traffic

Ini adalah pengunjung yang kemungkinan sudah mengetahui website Anda karena mereka datang kepada Anda secara langsung.

Organic Traffic

Ini adalah orang-orang yang datang ke website Anda melalui hasil pencarian Search Engine (SERP). Mereka menggunakan keyword yang relevan dengan konten website Anda, lalu website Anda muncul di hasil pencarian Google.

Umumnya untuk meningkatkan jumlah organic traffic di Google Analytics, Anda perlu menggunakan jasa SEO untuk optimasi website perusahaan Anda

Paid Traffic

Traffic berbayar hanya akan datang ke website Anda jika Anda menggunakan jasa iklan Google Ads, seperti Google Search Ads, Google Display Ads dan tipe iklan Google Ads lainnya.

Referral Traffic

Ini adalah kunjungan yang berasal dari website lain, yaitu jika Anda terdaftar di direktori online, atau telah menerbitkan posting tamu di situs lain. Referral Traffic pada dasarnya penting untuk peringkat jasa SEO karena dapat memverifikasi relevansi dan keunggulan bisnis Anda untuk bidang tersebut. Misalnya, jika website lain yang kredibel dan relevan menautkan ke Anda, Algoritma Google dapat mengonfirmasi bahwa Anda adalah sumber informasi yang dapat diandalkan untuk topik spesifik Anda, dan karena itu dengan senang hati meningkatkan peringkat Anda dalam hasil pencarian.

Social Traffic

Mirip dengan Referral Traffic, namun terhitung ke mereka yang telah menemukan website Anda melalui tautan di platform media sosial. Social Traffic ini menunjukkan keefektifan kehadiran social media Anda. Semua upaya, baik share via social media atau menggunakan jasa social media ads dianggap sebagai Social Traffic di Google Analytics.