Apa itu Marketing Technology (MarTech)?

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak aspek kehidupan yang terpengaruh dengan dunia digital, salah satunya digital marketing. Dengan dunia yang semakin canggih, digital marketing pun mulai merambah ke arah otomasi (automation) guna mendapat hasil ROI (Return on Investment) yang jauh lebih baik untuk perusahaan. Hal inilah membuat banyak orang mulai mengaplikasikan Marketing Technology.

Apa itu Marketing Technology (MarTech)?

Martech, atau teknologi pemasaran, menjelaskan aplikasi atau program perangkat lunak yang menggerakkan dan meningkatkan tugas pemasaran. Ini umumnya mengacu pada pemasaran online, karena teknologi dapat membantu membangun, mengelola, menyampaikan, dan mengoptimalkan kampanye pemasaran Internet.

Diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu teknologi pemasaran, Marketing Technology adalah sebuah program aplikasi atau software yang dapat terintegrasi untuk meningkatkan performa digital markeitng. Adapun jenis-jenis MarTech yang sering dijumpai:

1. Digital Ads

Digital Marketing tidak akan terpisah dengan namanya Digital Ads, seperti Google Ads dan Social Media Ads. Akhir-akhir ini digital ads memang sedang berjalan ke arah automasi, bertujuan mempersingkat waktu untuk pekerjaan yang berulang-ulang. Dengan demikian hasil yang didapat akan jauh lebih efektif dan efisien.

Tidak hanya itu, umumnya agensi digital marketing menggunakan sistem MarTech ini untuk memberikan data yang lebih akurat, agar bisa menentukan langkah atau strategi selanjutnya yang harus dipilih.

2. Analytics

Jika Anda sudah pernah menggunakan jasa Google Ads maupun Social Media Ads, seperti Facebook dan Instagram Ads, Anda pasti paham bahwa untuk menentukan strategi pemasangan iklan selanjutnya, Anda perlu menganalisa data terlebih dahulu.

Dengan menggunakan aplikasi Marketing Technology ini, data yang disediakan akan jauh lebih lengkap dan bisa mengikuti kebutuhan para pemasang iklan digital.

Umumnya data analytics ini diambil dari Google Analytics, Google Search Console dan tools lainnya.

3. Content Management System (CMS)

Apa Anda pernah mendengar istilah CMS (Content Management System)? Ya sistem tersebut juga dimiliki oleh program Marketing Technology ini. Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat mengetahui konten apa yang dapat menarik perhatian target audiens bisnis Anda hingga meningkatkan engagement. CMS tidak hanya fokus pada konten di social media saja, namun juga cocok bila Anda menggunakan jasa SEO.

4. Customer Relationship Management (CRM)

Teknologi yang semakin canggih membuat Anda perlu data yang lebih detail untuk memperoleh hasil yang jauh lebih signifikan. Dengan sistem CRM (Customer Relationship Management) pada bisnis Anda, Anda bisa mengerti daya minat target audiens Anda dan tahu cara yang tepat untuk menarik perhatian mereka.

Dunia yang semakin canggih membuat banyak sistem dan aplikasi yang membantu bisnis untuk mendapat ROI (Return on Investment) yang jauh lebih baik. Tidak hanya itu, biaya yang dikeluarkan bisa ditekan dan dipakai di tempat yang tepat. Karena itu, banyak agensi digital marketing mulai menggunakan sistem MarTech ini guna membantu para klien mendapat hasil sesuai dengan keinginan.