Hindari taktik penulisan clickbait di post Facebook dan Instagram!

Setiap tahunnya, Facebook terus berusaha untuk mengurangi tulisan clickbait di feed mereka.

Namun sebenarnya apa itu clickbait?

Menurut Facebook, clickbait adalah taktik penulisan yang menyalahgunakan kata-kata atau informasi yang dapat menarik orang-orang untuk berkunjung melihat suatu postingan. Umumnya clickbait ini bisa terlihat dari tulisan, caption, thumbnail atau bahkan di video itu sendiri.

Berikut adalah beberapa contoh istilah clickbait yang tidak dianjurkan oleh pihak Facebook dan Instagram

Banyak orang menggunakan taktik penulisan clickbait dengan menulis segala sesuatu yang berlebihan dan kurang relevan, agar membuat banyak orang tertarik untuk melihat postingan dan mengunjungi profil. Namun, Meta selaku perusahaan Facebook dan Instagram ini tidak menyarankan para user dan agensi digital marketing untuk mengunakan taktik demikan.

Dengan adanya penulisan clickbait atau tidak sesuai dengan konten yang sebenarnya, profil perusahaan Anda bisa dianggap kurang profesional dan berdampak pada jangka panjang bisnis Anda di mata para pengguna Facebook maupun Instagram. Hal ini bersifat fatal, karena bisa mempengaruhi kesan orang-orang terhadap bisnis Anda.

Jika perusahaan Anda masih membuat postigan clickbait, ada resiko tinggi pihak Facebook dan Instagram bisa membatasi kebebasan Anda untuk mempos sesuatu di platform milik Mark Zuckerberg itu.

Karena itu, apabila Anda mau mempos konten, perhatikan apakah caption yang digunakan mengandung unsur clickbait atau tidak. Namun, sangat disarankan untuk menghubungi penyedia jasa social media management seperti Tomato Digital Indonesia untuk membantu manajemen konten terhadap platform Facebook dan Instagram bisnis Anda.