Prinsip dasar web design untuk membangun website yang baik untuk bisnis Anda

Meskipun Anda menggunakan jasa iklan digital, website lebih penting daripada rasio konversi. Dengan kualitas tinggi dan pengalaman pengguna website yang baik, Anda secara alami akan mendapat klik, lalu lintas, dan tingkat konversi yang lebih baik. Bahkan website  yang tampaknya sederhana, dengan kemudahan penggunaan yang luar biasa dan terstruktur dengan baik, pada dasarnya berkinerja luar biasa di Google search engine.

Lalu bagaimana cara membuat website yang baik?

Sebuah website yang baik membutuhkan berbagai profesional, komunikasi dan diskusi dari berbagai bidang.

Berikut adalah beberapa prinsip dasar web design yang dapat membantu Anda mengembangkan website yang hebat dan meningkatkan kegunaan untuk bisnis Anda.

Desain sederhana

Website yang dirancang berlebihan mungkin tidak cocok untuk tujuan komersial. Menempatkan terlalu banyak elemen pada halaman dapat mengalihkan perhatian pengguna, dan kesederhanaan selalu berlaku untuk desain web yang efektif. Desain website yang jelas dan sederhana tidak hanya membuat situs web menarik tetapi juga membantu pengguna mengarahkan dengan mulus dari halaman ke halaman. Ini bisa membuat persentase bounce rate meningkat jika website memiliki fitur desain yang tidak sesuai dengan tujuannya. Usahakan desain sesederhana mungkin untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan website dan dengan mudah mencapai tujuan kunjungan pengguna ke website.

Konsistensi

Tidak peduli seberapa baik desain website Anda, konsistensi tetap merupakan elemen terpenting dari situs bisnis Anda karena memberikan informasi penting kepada pengguna. Anda perlu memperhatikan elemen desain yang sesuai pada setiap halaman, seperti font, ukuran, judul, subjudul, dan gaya tombol harus sama di seluruh halaman website.

Selain itu, algoritma Google menggunakan konten teks sebagai item pengambilan utama, sehingga hal ini merupakan bagian tak terpisahkan dari SEO. Anda harus memelihara konten yang terorganisir dengan baik, seperti menarik secara visual dan mudah dibaca, dan membuat konten yang ramah SEO.

Responsive Web Design

Dengan meningkatnya penggunaan smartphone dan tablet, desain website harus efektif untuk semua ukuran layar. Jika website perusahaan Anda tidak responsif, Anda akan kehilangan dukungan search engine.

Loading Speed Website

Desain yang tidak perlu dapat memperlambat loading suatu website. Kecepatan loading yang terlalu lambat tidak hanya akan mempengaruhi pengalaman pengguna, tetapi juga mempengaruhi algoritma Google. Oleh karena itu, tingkatkan kecepatan loading dengan mengoptimalkan ukuran gambar, struktur website, dan banyak lagi.