4 Tips SEO Sosial Sederhana untuk yang Punya Bisnis Kecil

Bagi kamu yang punya bisnis kecil, tips SEO sosial sederhana mungkin kamu butuhkan. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan cara untuk membuat situs web perusahaan atau bisnis kecilmu ada di halaman awal ketika kamu mencari kata yang berkaitan dengan konten di situs web-mu. Lalu, apa itu SEO Sosial? Menurut ConstantContact.com, SEO sosial mengacu pada gagasan bahwa tautan dan interaksi media sosial memainkan peran penting dalam peringkat pencarian situs web. Mungkin terdengar rumit tapi pada dasarnya SEO adalah tentang bagaimana kamu mengoptimalkan sebuah konten (di dalam situs web-mu atau di platform media sosialmu) untuk meningkatkan peringkat pencarian. Di bawah ini ada 4 tips SEO sosial sederhana untuk kamu yang punya bisnis kecil.

Tips SEO Sosial Sederhana untuk bisnis kecilmu

1. Optimalkan profil media sosialmu

Kunci utama untuk profil media sosial yang ‘ramah’ SEO adalah memberikan informasi sejelas mungkin. Selalu isi bagian ‘About’ atau ‘Information’ dari platform media sosial apa pun. Gunakan kata atau frasa yang menggambarkan bisnismu dan juga istilah yang akan digunakan seseorang untuk mencari bisnis kecilmu ini. Misalnya, untuk mengoptimalkan Halaman Facebook-mu untuk pencarian lokal, sangat penting untuk mencantumkan alamatmu yang lengkap seperti memasukkan provinsi, kota, kecamatan, kelurahan, bahkan kode pos. Sertakan tautan dalam media sosialmu untuk mengarah ke situs web bisnismu (dan tautan dalam situs web ke media sosialmu). Tips Penting: Bagian “Category” sering diabaikan di Halaman Facebook padahal ini penting untuk mengategorikan jenis bisnismu agar orang-orang yang mencari tidak kesulitan.

2. Optimalkan konten/pembaruan media sosialmu

Untuk mengoptimalkan konten di media sosialmu, selalu sertakan beberapa kata kunci pencarian relevan yang sudah kamu tentukan untuk bisnis kecilmu di setiap pembaruan Facebook-mu, Tweet-mu, caption IG dll. Penting untuk diingat untuk berbagi konten dari situs web atau blogmu secara rutin untuk memberikan peningkatan SEO. Sering membagikan konten baru di Twitter sangat penting karena akan membantu Google mengindeksnya lebih cepat (pengindeks-an berarti Google akan menambahkan URL-mu ke basis data mereka). Tips Penting: Gunakan nama bisnis kecilmu di setiap pos media sosialmu. Ini akan membantu Google mengaitkan kata kunci yang kamu gunakan untuk menggambarkan bisnismu dengan nama bisnismu.

3. Berikan tautan untuk membuat kontenmu mudah untuk dibagikan

Kunci penting dalam SEO adalah menyertakan tautan. Sederhananya, kamu harus memiliki hubungan antara situs web-mu dengan situs web lain melalui tautan. Ketika kamu memiliki banyak situs berkualitas yang ada di situs web-mu (inbound) dan kamu menautkan ke situs web berkualitas lainnya (outbond), Google akan lebih otoritatif menentukan situs web-mu. Lebih banyak otoritas sama dengan peringkat SERP yang lebih tinggi. Like, comment, share, retweet, repins, dll akan berperan untuk meningkatkan bobot yang diberikan ke tautanmu. Jika kamu membuat konten yang ingin dibagikan orang, kamu dapat membuat lebih banyak tautan inbond. “Konten” tidak harus hal rumit seperti memposting blog, tapi konten juga bisa dengan tweet atau postingan di Facebook. Dengan memposting konten sosial yang menarik, kamu telah meningkatkan nilai SEO-mu. Konten berkualitas = lebih banyak share = banyak tautan = nilai SEO yang lebih baik. Tips Penting: Cara yang lebih canggih untuk meningkatkan tautan adalah dengan menambahkan tombol share ke media sosial di situs web atau blog-mu.

4. Gunakan Pinterest

Cara mudah untuk membuat konten yang dapat dibagikan adalah dengan menggunakan Pinterest. Pinterest sangat bagus untuk membangun tautan dan meningkatkan strategi kata kuncimu. Google mengindeks halaman dari situs web dengan banyaknya situs web lain akan lebih cepat lewat SERP. Kamu dapat meningkatkan visibilitas kontenmu di SERP dengan menambahkan kata kunci dalam judul papan Pinterser, deskripsi papan, dan kamu bahkan memiliki hingga 500 karakter untuk menggambarkan setiap pin sehingga kamu juga dapat memasukkan kata kunci di sana. Selain itu, kamu dapat menguahsuaikan tautan pin dan mengarahkan orang kembali ke situs web atau blog-mu. Ini akan semakin meningkatkan peluang kontenmu untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam SERP. Dari perspektif SEO, Pinterest memungkinkanmu melakukan beberapa hal yang tidak dimiliki media sosial lain, jadi manfaatkanlah. Tips Penting: Agar tips SEO sosial sederhana-mu berhasil, Google lebih suka gambar beresolusi tinggi, jadi gunakanlah gambar berkualitas HD di Pinterest jika memungkinkan.

Baca Juga: Keuntungan dan Kelebihan Jasa SEO untuk Website Anda

Meningkatkan SEO itu membutuhkan waktu dan tidak bisa terjadi dalam semalam, jadi terapkan 4 tips SEO sosial sederhana di atas untuk membuat bisnis kecilmu dikenal orang ya!