Bagaimana cara berbisnis online di Instagram?

Semua orang, termasuk di Indonesia, menggunakan Instagram untuk membagikan kehidupan mereka kepada orang lain. Oleh karena itu, Instagram telah menjadi platform social media terbesar di dunia dengan lebih dari satu miliar pengguna!

Meskipun Instagram pertama kali dibuat sebagai platform untuk berbagi, tetapi saat ini banyak orang mulai melakukan bisnis online atau berbelanja di Instagram! Sejak platform ini menjadi sangat populer di kalangan remaja dan dewasa muda, orang mulai melihat ini sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis mereka ke social media. Karena itu, banyak orang yang sukses berbisnis berkat Instagram.

Agar bisa menjadi kisah sukses selanjutnya berbisnis online di Instagram, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti!

1. Akun Bisnis Instagram

Ini adalah aturan yang jelas dan penting jika Anda memiliki akun Instagram untuk bisnis online Anda. Sepertinya mirip dengan akun pribadi, tetapi akun bisnis memiliki fitur khusus yang membantu Anda melakukan promosi dan marketing dengan lebih mudah, seperti:

  • Target Audiences Insights
  • Contact Information on your business profile
  • Instagram Boost Ads

 

2. Branding bisnis Anda

Seperti yang disebutkan, Instagram memiliki satu miliar pengguna di seluruh dunia. Oleh karena itu, Anda harus melakukan branding agar bisnis Anda dikenal dan diingat oleh orang lain.

Branding tidak hanya nama bisnis dan slogan saja, tetapi juga gambar profil, desain postingan, bio Akun Bisnis Instagram Anda dan banyak lagi. Anda harus memposting secara teratur untuk memastikan orang tahu bisnis Anda masih ada!

Karena itu, banyak pemilik bisnis menggunakan jasa social media management untuk membantu mereka melakukan branding bisnis mereka.

 

3. Click to Action (CTA) di akun bisnis Anda

Saat ini banyak orang mulai memposting produk mereka dengan menandai produk mereka untuk ditautkan ke website mereka dan mudah-mudahan melakukan transaksi melaluinya. Ini disebut Click to Action (CTA).

Anda juga dapat menulis Check out new items on the link juga atau letakkan link di story Instagram bisnis Anda!

 

4. Gunakan fitur Highlights dengan benar

Karena story Instagram akan hilang dalam 24 jam, Anda dapat menggunakan fitur Highlights Instagram untuk memberi tahu orang-orang tentang bisnis Anda lebih banyak melalui story.

Pastikan untuk mengkategorikan highlight dengan baik, sehingga calon pelanggan Anda dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka inginkan di akun Instagram bisnis Anda.

 

5. Instagram Shopping

Instagram memiliki fitur terbaik untuk pemilik bisnis di seluruh dunia, yang disebut Instagram Shopping. Jika Anda menghubungkan profil Anda ke website atau e-commerce, Anda dapat membuat Toko (Shop) di dalam aplikasi IG dan menautkan langsung ke produk!

 

6. Terakhir, promosikan bisnis Anda melalui iklan social media ads!

Meskipun Anda telah merancang visual yang bagus untuk akun bisnis Anda, tetapi sedikit orang yang mengetahui profil Anda, itu tidak akan memberikan hasil yang baik. Oleh karena itu, Anda harus mempromosikan bisnis Anda melalui jasa social media ads, seperti Facebook Ads dan Instagram Ads untuk mengekspos bisnis Anda dan mendapatkan lebih banyak visibilitas. Dengan demikian, lebih banyak perhatian pada produk Anda dan mungkin melakukan lebih banyak transaksi!