Panduan Dasar Sederhana untuk SEO: Algoritma Google Search Engine

Menurut penelitian Hubspot, 5,6 miliar pencarian global terjadi di Google Search Engine setiap harinya. Sebagai platform search engine terbesar di dunia, Google berharap dapat membantu pengguna untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Oleh karena itu, Google mengembangkan sistem yang disebut Algoritma, untuk menganalisis apakah konten website relevan dengan keyword atau kata kunci yang dicari.

Semakin banyaknya pengguna internet menyebabkan banyak orang mulai belajar sendiri bagaimana cara kerja SEO. Namun, faktor peringkat website tidak hanya terkait dengan website dan analisa keyword atau kata kunci, tetapi cara kerja SEO juga harus mengikuti aturan Algoritma Google.

Berikut adalah tiga cara kerja Google Search Engine:

1. Crawl

Saat website pertama kali diluncurkan atau website diperbarui, maka Algoritma Google akan secara otomatis memindai seluruh isi website, seperti struktur website, konten, gambar, video, dan lain sebagainya. Langkah ini musti dilakukan agar search engine dapat memahami konten dan tema website terlebih dahulu.

Untuk memudahkan search engine dalam melakukan crawling terhadap website, disarankan untuk mempercepat crawling search engine dengan cara sebagai berikut:

1. Menggunakan Google Search Console, kirimkan Sitemap.
2. Periksa dan optimalkan kecepatan suatu website (Website load speed).
3. Tulis judul dan deskripsi halaman yang relevan.
4. Manfaatkan halaman 301 Redirects untuk menghindari website error.

2. Index

Setelah mengetahui apa konten dan tema website Anda, Algoritma akan mengumpulkan semua data ke dalam basis data, dan kemudian menganalisa halaman mana yang memenuhi aturan search engine.

Jika Anda sudah tahu cara kerja SEO, Anda akan menemukan bahwa jika ada kesalahan dalam pengoptimalan pada website, Algoritma pada langkah ini akan menganggap website Anda berkualitas rendah dan tidak dapat memenuhi harapan pencarian pengguna.

3. Rank

Terakhir, Algoritme akan memberikan skor pada setiap website berdasarkan relevansi konten dengan keyword atau kata kunci yang digunakan. Jadi, jika website Anda berada di halaman pertama, selamat! Google Search Engine telah menganggap konten website Anda sesuai dengan aturan Algoritma.

Baik Anda menggunakan jasa SEO dari agency digital marketing atau mempelajari cara kerja SEO dan kemudian mengoptimalkan diri Anda sendiri, penting untuk memahami dampak Algoritma Google terhadap peringkat website Anda, terutama bila ada perubahan teknologi besar atau Algoritma baru. Namun jika Anda menggunakan metode pengoptimalan website yang tepat, ranking website Anda tidak akan berdampak negatif.