Integrasi antara Google Analytics 4 dan Search Ads 360

Karena Google Universal Analytics akan dihentikan pengembangannya dan mulai beralih ke Google Analytics 4 sejak tanggal  16 Maret 2022, Google memperkenalkan integrasi baru antara GA4 dan Search Ads 360, untuk memberikan wawasan berharga di kedua platform ini.

Tapi apakah Anda mengerti apa manfaat menggunakan integrasi untuk iklan Anda? Jawabannya adalah Navigating Cross-channel Reports!

Ini akan menjadi manfaat paling berguna dari menautkan Google Analytics 4 dan Search Ads 360, karena Anda dapat dengan mudah mentransfer campaign cost, data, engagement metrics, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Anda akan dapat meninjau beberapa atribusi dalam laporan ini:

1. Comparison
2. Conversion
3. Source
4. Campaign
5. Channel

Untuk mendapatkan laporan Google Ads semacam ini, bagaimana cara membuat integrasi antara Google Analytics 4 dan Search Ads 360?

Pertama-tama, Anda harus memiliki akses Editor di GA4 dan menjadi Admin di akun Search Ads 360. Jika sudah, Anda harus pergi ke bagian Admin di akun Google Analytics dan temukan opsi link di bawah kolom Property.

                                        Property > Product Links > Search Ads 360                                        

Tapi ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui:

Enable Auto-tagging akan selalu aktif secara default. Tidak ada cara untuk mengubah pengaturan ini saat menautkan! Jadi, Anda harus tetap menggunakan setelan nable Campaign Attribution untuk memungkinkan Anda mengekspor data konversi ke Search Ads 360.

Bagaimana cara mengekspor data konversi?

Pertama, Anda perlu mengaktifkan Aktifkan Atribusi Kampanye di bawah setelan Property. Mengekspor data tersebut tersedia untuk berbagai konversi yang menggunakan model atribusi klik terakhir lintas saluran.

Mengekspor konversi tersedia untuk setiap konversi yang menggunakan model cross-channel last click attribution. Dengan melakukan integrasi antara kedua platform ini, Anda akan bisa mendapatkan laporan Google Ads yang lebih akurat dan berdampak pada strategi digital marketing bisnis Anda.