Tips untuk para pemilik UMKM untuk berekspansi ke digital marketing

Mendapat pelanggan baru sangat penting dan berdampak bagi pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Ada banyak cara untuk mencapainya, tetapi memperluas bisnis ke digital marketing adalah cara yang paling efektif.

Namun perlu Anda ketahui bahwa para pemilik usaha sering menemui berbagai macam kendala dalam menjalankan usahanya, seperti keuntungan yang kecil, kekurangan sumber daya, dan masih banyak lagi.

Jasa digital marketing untuk perusahaan besar dan untuk UMKM pastinya berbeda, karena harus mengikuti tujuan perusahaannya itu sendiri. Apalagi usaha kecil akan memiliki anggaran yang lebih kecil, itu pasti akan berdampak pada hasil iklan digital.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk Anda yang memiliki usaha kecil menengah dan ingin mengembangkan usahanya ke bidang digital marketing:

1. Ketahui target audiens Anda

Sangat penting untuk mengetahui siapa klien potensial Anda. Agency digital marketing di Indonesia dapat membantu Anda dalam meneliti TA seperti apa yang ingin Anda jangkau. Tapi, semakin Anda tahu dan memahaminya, semakin baik Anda akan mendapatkan hasilnya.

Informasi yang perlu Anda pahami dan beritahukan kepada Account Executive Anda adalah:

  1. Demografi, contohnya jenis kelamin, usia
  2. Lokasi Geografis, contohnya kota mana target audiens Anda tinggal, area mana yang disediakan oleh bisnis Anda
  3. Minat: hal apa saja yang menarik perhatian mereka?
  4. CTA (Click to Action): tindakan apa yang Anda ingin TA Anda lakukan setelah melihat iklan Anda.

 

2. Beri tahu klien potensial Anda tentang tujuan Anda

Setelah Anda memahami siapa target audiens Anda, Anda perlu memberi tahu mereka apa tujuan Anda dengan menunjukkan otoritas bisnis Anda.

Anda dapat melibatkan beberapa konten yang bermutu untuk klien Anda. Oleh karena itu mereka bisa melihat dan mempercayai keahlian bisnis Anda.

 

3. Ketahui berapa anggaran yang sesuai dengan strategi marketing bisnis Anda

Banyak pemilik UMKM akan mengatakan bahwa mereka hanya dapat menyediakan anggaran kecil untuk iklan digital, tetapi mereka ingin mendapatkan hasil terbaik. Tetapi Anda harus tahu bahwa untuk mendapatkan kinerja iklan yang lebih baik, Anda perlu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk itu.

Sangat penting untuk menentukan berapa banyak anggaran yang ingin Anda keluarkan untuk kampanye digital apa pun.

 

4. Periksa kondisi iklan Anda melalui alat analitik

Sebelum Anda mulai bekerja dengan agency digital marketing di Indonesia, Anda perlu menyiapkan alat analisis Anda sendiri untuk bisnis Anda. Anda dapat menggunakan dua alat gratis ini dari Google, Google Search Console (GSC) dan Google Analytics (GA).