Jasa SEO Terbaik Jakarta Yang Profesional Dan Juga Terpercaya

Cara mahir copywriting adalah salah satu skill penting yang harus kamu miliki dalam dunia bisnis terutama di zaman digital ini. Keahlian ini sangat diperlukan bagi perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing. Copywriting merupakan sebuah teknik untuk menghasilkan sebuah tulisan yang dapat membuat pembaca memberikan respon sesuai yang kita ingin sampaikan, tulisan yang kita buat disebut ‘copy’. Copywriting dibuat para pembaca aware dengan produk tersebut kemudian membeli, mengingat, mendaftarkan diri, atau melakukan hal sesuai tujuan bisnismu dari tulisan yang diberikan.

Banyak perusahaan digital marketing yang sudah mengetahui perihal copywriting ini tapi belum memanfaatkannya dengan benar. Hal inilah yang membuat beberapa perusahaan mengeluh bahwa pendapatan mereka dari sebuah artikel atau tulisan di blog selalu menurun karena mereka belum memahami bagaimana copywriting yang tepat untuk produk yang mereka tawarkan. Salah satu hal yang bisa dilakukan perusahaan tersebut adalah meningkatkan kemampuan copywriting untuk kepentingan perusahaan mereka. Agar perusahaan mampu bersaing di dunia digital marketing, berikut yang harus kamu pelajari dari cara mahir copywriting.

4 skill wajib dalam copywriting

1. Kenali audiens yang ingin kamu sasar

Satu hal penting yang wajib kamu perhatikan ketika membuat sebuah copywriting adalah kamu perlu mengenali seperti apa audiens yang ingin kamu sasar. Kenapa kamu perlu mengenali audiens yang ini kamu sasar? Tentunya, hal ini perlu karena kamu bisa mengetahui lebih dalam apa yang sedang dibutuhkan oleh audiensmu. Kamu juga harus tentukan siapa audiens yang akan kamu sasar. Jika sudah mengetahui audiens yang ingin kamu sasar, cari tahu apa yang sedang mereka butuhkan. Saat kamu sudah mengenali ini semua, tentunya kamu akan lebih mudah menggunakan gaya penulisan yang komunikatif serta mudah dipahami oleh audiens yang ini kamu sasar.

2. Memahami secara mendalam manfaat serta fitur utama produk yang perusahanmu tawarkan

Hal lain yang tidak kalah penting dalam mahir copywriting adalah kamu harus memahami secara mendalam manfaat serta fitur utama produk yang perusahaanmu tawarkan. Kamu perlu mengetahui hal ini secara mendalam karena kamulah yang akan menjadi jembatan antara perusahaanmu kepada konsumen lewat tulisan yang kamu berikan. Contohnya, ABCD Firm hendak memasarkan produk mereka ke WXYZ Company, apa kira-kira manfaat dan fitur yang dibutuhkan? Kalau kamu masih tidak mengetahui jawabannya, kamu perlu pahami ini. Manfaat dan fitur yang dibutuhkan oleh WXYZ Company pastilah yang berkaitan dengan profitabilitas, reputasi perusahaan, keunggulan produk dari yang lain, dan masih banyak hal lainnya. Kamu bisa mulai menjelaskan tentang manfaat apa yang akan mereka dapatkan jika mereka mencoba produk buatanmu. Dari sinilah mereka pun akan yakin bahwa produk yang perusahaan tawarkan akan menguntungkan mereka.

3. Buatlah gaya penjualan yang unik

Ketika kedua hal penting tersebut sudah diterapkan, skill penting yang perlu kamu ketahui adalah menentukan gaya penjualan yang unik. Hal ini sangat diperlukan karena saat ini sangat banyak produk yang sama dan bisa dibilang akan mempersulitmu melakukan pemasaran. Tapi, bukan berarti hal tersebut menjadi penghalangmu, kamu harus mulai membuat gaya penjualan yang unik dan berbeda dari produk lainnya. Apabila menurutmu itu hal yang sulit dilakukan, kamu bisa perhatian seperti apa gaya penjualan kompetitor. Meskipun kompetitor menyediakan produk dan layanan yang sama seperti milikmu, kamu harus menemukan apa yang membedakan produkmu lebih unggul dari produk-produk lainnya. Hal ini tentu membutuhkan kreativitas yang baik. Sangat dibutuhkan kejelian dan kreativitas saat proses ini.

4. Perluas pengetahuanmu

Kamu pasti pernah melihat sebuah website yang tidak jelas isi serta tujuannya bukan? Hal ini bisa disebabkan karena banyak faktor, salah satunya mungkin kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh pengelola website tersebut. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menarik minat pengunjung dan pembaca website-mu? Kamu bisa membuat tulisan yang bermanfaat dan berbobot bagi para pembaca. Tidak hanya itu, dari tulisanmu itulah para pembaca juga bisa paham apa yang kamu bagikan. Untuk menjadi seorang penulis yang memiliki tulisan yang ‘enak dibaca’, tentu kamu tidak hanya memiliki modal ‘bisa nulis’. Namun, kamu juga perlu memperluas pengetahuanmu dengan cara banyak membaca hal lain. Dengan membaca, kamu akan mendapatkan inspirasi menulis dengan maksud dan tujuan yang jelas.

Copywriting ini merupakan skill penting dalam dunia digital marketing dan tentunya akan meningkatkan kualitas perusahaanmu. Sebagai penulis artikel, kamu harus mempelajari cara mahir copywriting agar penulisanmu berkesan bagi para audiens, yuk dicoba!