Pentingnya Konten Marketing SEO

Menurut survei BlockThrough, sekitar 20 juta pengguna di seluruh dunia menggunakan Ad Block Tools untuk menyaring iklan digital. Artinya biaya dan kesulitan menjangkau target audiens melalui iklan digital akan terus meningkat. Karena tidak mungkin menjangkau audiens dari iklan, banyak pakar agensi digital marketing beralih ke Konten Marketing SEO untuk menemukan pelanggan potensial.

Apa itu Konten Marketing SEO?

Konten marketing (content marketing) adalah strategi pemasaran yang melibatkan audiens dengan membuat dan membagikan artikel yang relevan. Pendekatan ini tidak hanya dapat membangun citra profesional untuk perusahaan dari semua ukuran, tetapi juga meningkatkan kesadaran merek.

Menulis konten SEO tidak terdengar sulit, tetapi butuh banyak waktu untuk meneliti, mulai dari pemilihan topik, penulisan konten hingga pengunggahan materi. Untuk menyediakan konten berkualitas tinggi, berikut adalah tiga jenis penulisan konten yang terdaftar untuk referensi Anda!

Tipe 1: Kesadaran (Awareness)

Pertama, konten perusahaan Anda harus fokus pada masalah umum yang ingin diketahui audiens Anda. Disarankan agar Anda menulis konten yang mengedukasi terkait industri, konten instruksional, artikel teknis, dan lain-lain, sehingga audiens dapat lebih memahami apa produk Anda.

Misalnya, agen real estate dapat menulis

  • Jenis real estate
  • Keterampilan tawar-menawar perumahan
  • Bagaimana memilih agen real estate yang tepat untuk jual beli?

 

Tipe 2: Pertimbangan (Consideration)

Konten marketing SEO harus memberikan informasi yang lebih rinci, termasuk menulis deskripsi layanan dan fungsi terkait. Anda dapat menulis apa yang ditawarkan perusahaan atau studi kasus (case study) yang berhasil.

Misalnya, perusahaan software as a service (perusahaan SaaS) biasanya menyediakan studi kasus (case study) pelanggan mereka sendiri, sehingga audiens mereka dapat memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang solusi dan konten layanan. Hal ini juga dapat meningkatkan profesionalisme perusahaan.

Tipe 3: Konversi (Conversion)

Ketika calon pelanggan akan membeli, pada tahap ini, Anda dapat menulis tentang mengapa perusahaan Anda adalah pilihan terbaik, seperti menulis paten perusahaan Anda sendiri, sertifikasi, pengalaman yang luas, dan keuntungan lainnya.

Misalnya: perusahaan konsultan tidak hanya memberikan studi kasus, tetapi juga menulis tentang pengalaman bertahun-tahun, mendapatkan berbagai penghargaan, membantu perusahaan besar dalam dan luar negeri, dan lain-lain.

Meskipun ada banyak contoh konten marketing SEO di Internet untuk referensi Anda, tujuan dan strategi digital marketing setiap perusahaan berbeda. Disarankan agar Anda terlebih dahulu memahami apa tujuan perusahaan, dan kemudian merencanakan bagaimana menulis salinan yang sesuai untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Untuk informasi lebih lanjut tentang konten marketing SEO, hubungi Tomato Digital Indonesia sekarang.