Perbedaan antara Google Analytics dan Google Search Console

Google Analytics dan Google Search Console adalah alat penting untuk administrator suatu website, tetapi apa perbedaan antara kedua alat ini? Apakah perlu menginstal keduanya?

Pertama, mari kita pahami tentang Google Analytics!

Google Analytics

Orientasi Pengunjung Website

Google Analytics sangat cocok untuk menganalisa perilaku pengguna pengunjung, seperti bounce rate, waktu menjelajahi website, interaksi antara pengunjung dan konten website, dan juga dapat mengatur fungsi seperti tujuan tingkat pencapaian untuk menyediakan data referensi untuk kemajuan berkelanjutan suatu website.

Laporan Instan

Ingin tahu berapa banyak orang yang saat ini mengunjungi website? Google Analytics menyediakan alat pelaporan instan yang paling praktis. Itu dapat dengan cepat menampilkan informasi terperinci seperti jumlah orang di website saat ini, konten yang diklik, lokasi sumber, perangkat dan sistem operasi yang digunakan.

Tampilan Multi-Level

Ini adalah laporan yang sangat ajaib. Setiap pengguna di sini adalah serangkaian kode, tetapi di balik setiap kode adalah perilaku pengguna yang memasuki suatu website. Ini adalah alat yang sangat baik untuk mempelajari penggunaan website oleh pengguna.

Fleksibilitas Pelaporan Tinggi

Laporan konten dapat menganalisis banyak hal, seperti situasi pembacaan konten website. Anda dapat menemukan konten populer, atau konten tidak populer, sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi website bisnis.

Smart Tool

Update terbaru dari Google Analytics memiliki fitur cerdas yang dapat memberi tahu Anda bahwa website Anda mengalami traffic yang tidak normal, atau sasaran yang Anda tetapkan berkinerja lebih baik atau lebih rendah dari yang diharapkan, memberikan banyak informasi berguna kepada pengelola situs web untuk meningkatkan kualitas website mereka.

Lalu apa itu Google Search Console?

Google Search Console

Orientasi Website

Ingin tahu berapa kali situs Anda dicari di Internet? Apakah website Anda berfungsi dengan baik? Apakah konten telah dilihat oleh Google? Anda bisa mendapatkan data tersebut di Google Search Console.

Tidak ada data penting privasi

Sumber pencarian keyword yang dapat dilihat Google Analytics di masa lalu hanya dapat ditemukan di Google Search Console. Laporan sepenuhnya anonim dan dapat memberi tahu Anda keyword mana yang digunakan pengunjung untuk memasuki website Anda. Pentingnya laporan ini tinggi, dan merupakan referensi penting yang dapat membantu Anda merencanakan kata kunci Anda.

Sitemap

Meskipun Algoritma Google Search Engine dapat secara otomatis menscan website Anda, jika Anda menyediakan sitemap website, Google akan mengambil konten yang lebih efisien, dan Anda dapat secara aktif mengirimkan informasi sitemap di Google Search Console untuk meningkatkan kualitas pencarian Google.

Laporan Indeks Website

Ketika website Anda discan, itu tidak berarti bahwa itu akan dimasukkan dalam database oleh Google. Untuk banyak alasan yang akan memengaruhi penilaian pengindeksan Google, seperti konten duplikat, konten terlalu sedikit, halaman hilang, dan lainnya. Laporan indeks memiliki deskripsi terperinci, memberi tahu Anda situasi pengindeksan website saat ini.

Keamanan Website

Google Search Console juga memiliki fungsi yang berguna, yaitu memberikan informasi keamanan suatu website secara real-time, tetapi terutama ditujukan untuk keamanan konten halaman web, seperti website yang diduga diretas, website yang memiliki banyak error, website tidak bisa jalan, dan website diintervensi secara manual oleh Google. Google Search Console akan memberi tahu Anda sesegera mungkin untuk mengurangi kerugian Anda.