Seberapa penting jasa SEO dan jasa Google Ads bagi industri B2B?

Kebiasaan pengguna internet berubah setiap saat sesuai dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, baik itu industri B2B atau industri B2C, semua jenis bisnis harus mulai belajar menggunakan digital marketing, seperti jasa SEO dan jasa Google Ads, untuk mempercepat calon pelanggan menemukan website perusahaan Anda di hasil pencarian online.

Pertama, mari kita pahami apa itu Search Engine Marketing (SEM)

Apa itu SEM?

SEM adalah bentuk digital marketing yang membantu meningkatkan visibilitas website di Halaman Hasil Pencarian Google (Google SERP, Search Engine Result Page). SEM juga dikenal sebagai PPC Keywords Ads. Ketika seseorang mengklik iklan, perusahaan Anda perlu membayar Google sejumlah uang.

Apa itu SEO? Apa perbedaan antara jasa SEO dan jasa Google Ads?

SEO atau Search Engine Optimization mengacu pada peningkatan peringkat website melalui berbagai faktor, seperti struktur website, analisa kata kunci, aturan algoritme, dll.

Terlihat mirip di hasil pencarian, tetapi SEO tidak sama dengan SEM. Jika website Anda hanya menggunakan jasa SEO, ketika banyak orang mengklik website Anda, Anda tidak hanya tidak perlu mengeluarkan biaya iklan, tetapi rasio klik-tayang (CTR) website Anda juga dapat meningkat, sehingga search engine akan menganggap bahwa website Anda menyediakan informasi yang berguna dan relevan. Hal ini kemudian dapat meningkatkan peringkat website.

Tidak hanya itu, SEO perlu beroperasi selama jangka waktu tertentu untuk melihat efek dari operasi tersebut, tetapi Google Search Ads tidak. Akibatnya, banyak orang biasanya berpikir bahwa jasa SEO cocok untuk strategi marketing jangka panjang, dan Iklan PPC cocok untuk strategi marketing jangka pendek.

Saya seorang pengusaha di industri B2B. Jika saya ingin menggabungkan jasa SEO dan jasa Google Ads, apa keuntungan bagi perusahaan saya?

SEO adalah konsep dasar Google Keyword Ads. Kedua metode ini didasarkan pada analisis kata kunci sebagai pusatnya. Oleh karena itu, menggabungkan Search Engine Optimization dan Search Ads pada saat yang bersamaan dapat membawa banyak manfaat bagi industri B2B, seperti peningkatan traffic website dan brand awareness, sehingga mencapai hasil dua kali lipat dengan usaha yang lebih sedikit.

Anda dapat membagi anggaran marketing perusahaan menjadi anggaran untuk Google Ads dan biaya jasa SEO. Namun, alokasi anggaran sangat bergantung pada profesionalisme dan pengalaman. Jika alokasinya tidak tepat, dapat mempengaruhi strategi marketing jangka panjang perusahaan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mencari agensi digital marketing yang profesional untuk membantu Anda.