Tips SEO untuk meningkatkan ranking website untuk usaha kecil dan menengah (UMKM)

Ketika berbicara tentang jasa digital marketing, hal yang paling sering terlintas di pikiran adalah iklan search ads, iklan display ads, iklan shopping ads, dan lain-lain. Tetapi sedikit orang yang memperhatikan hubungan antara eksposur website dan jasa SEO. Banyak perusahaan kecil dan menengah (UKM) dan operator website lebih cenderung tidak mengerti konsep SEO (Search Engine Optimization). Apa sebenarnya SEO itu?

Search Engine Optimization (SEO) adalah cara yang memungkinkan pengguna menemukan website Anda ketika mereka mencari di Google. Optimalkan website dan keyword Anda dengan cara yang benar, dapatkan lebih banyak traffic dan visibilitas website, serta bawa dampak positif dan pertumbuhan penjualan ke produk, jasa, dan brand.

Berikut adalah beberapa teknik SEO umum untuk membantu meningkatkan visibilitas website Anda!

1. Riset Keyword

Pertama, Anda harus melakukan riset keyword. Mulailah dengan memikirkan kata atau kalimat yang mungkin digunakan pelanggan Anda saat mencari produk atau jasa Anda di Internet. Misalnya: Jika Anda adalah agensi real estate, calon klien Anda akan memasukkan kata-kata yang terkait dengan jual beli rumah. Disarankan agar Anda mencari sekitar 20 hingga 50 kata kunci untuk jasa SEO Anda.

2. Penulisan Konten

Tujuan utama dari Google Search Engine adalah untuk membantu pengguna menemukan jawaban yang mereka inginkan. Oleh karena itu, algoritma sangat mementingkan relevansi konten website. Disarankan bahwa ketika Anda menulis artikel terkait industri, Anda harus memberi tahu pengguna lebih banyak tentang jasa dan produk Anda ketika mereka selesai membaca. Prioritas Anda seharusnya adalah target audiens Anda, bukan search engine. Tidak hanya itu, pastikan untuk sering mengupdate halaman agar selalu up to date.

3. Gunakan Social Media

Social Media adalah mitra penting untuk jasa SEO. Semakin banyak orang menggunakan social media, semakin banyak orang mencari informasi di platform social media. Oleh karena itu, perusahaan dan brand telah membuka akun bisnis di Facebook atau Instagram untuk memudahkan pengguna menemukannya.

4. Pastikan user experience website Anda bagus

User experience (UX) website memiliki dampak signifikan pada kinerja SEO. Jika Anda memiliki website yang terstruktur dengan baik, website yang cepat, design web yang responsif, teks yang mudah dibaca, dan menggunakan metode pengoptimalan yang tepat, yakinlah bahwa hasilnya akan segera tercermin dalam ranking website Anda di hasil pencarian Google!

5. Optimalkan website secara terus menerus

Proses optimasi sebuah website membutuhkan waktu yang lama untuk membuahkan hasil, sehingga menghasilkan peningkatan yang signifikan pada peringkat website Google. Tidak hanya itu, karena algoritma search engine terus meningkat untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan lebih baik, konten website juga harus terus disesuaikan dan dioptimalkan dengan hasil pencarian.

Cara Anda melakukan SEO hari ini berhasil, tetapi mungkin tidak berhasil tahun depan. Oleh karena itu, disarankan agar Anda terus bekerja keras untuk mengoptimalkan situs web Anda dan terus mengikuti berita terbaru tentang pembaruan Google search engine.

Banyak orang merasa bahwa jasa SEO hanya dibutuhkan untuk website perusahaan besar atau website dengan banyak halaman. Namun nyatanya, semua jenis usaha, termasuk industri kecil dan menengah (UMKM) dapat menggunakan jasa SEO juga. Jika Anda terus mengoptimalkan website Anda, peluang untuk dikenali oleh lebih banyak orang untuk brand, produk, dan jasa Anda akan lebih tinggi!

Untuk informasi lebih lanjut tentang jasa SEO, silakan hubungi Tomato Digital Indonesia.