Panduan Lengkap Digital Marketing untuk TikTok Ads

Platform video pendek populer TikTok telah melampaui banyak platform media sosial populer, termasuk Facebook, Instagram, Zoom, dan lainnya, untuk menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh. TikTok memimpin tren di media sosial dengan 800 juta pengguna aktif bulanan dari seluruh dunia. Jika Anda mencari peluang iklan digital di TikTok, baca terus untuk melihat secara mendalam setiap aspek menjalankan iklan TikTok.

Apa itu TikTok?

TikTok adalah aplikasi berbagi video sosial nomor 1 di dunia. Pengguna dapat mengekspresikan pemikiran mereka dengan merekam dan membagikan video berdurasi 15 hingga 60 detik dengan bernyanyi, menari, berbicara dengan mulut, dll. Itu hanya untuk memuaskan orang-orang yang mencari hiburan mikro, yang merupakan cara yang baik untuk menghabiskan waktu dan informasinya sangat mudah dicerna. Dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi dan waktu keluaran yang cepat, semakin banyak pengguna mengunggah konten buatan sendiri ke platform, yang membuat popularitas TikTok tumbuh pesat.

Brand apa yang cocok untuk beriklan di TikTok?

Untuk tetap menjadi yang terdepan dalam tren, banyak brand internasional telah bergabung dengan TikTok, dan telah menggunakan kekuatan TikTok untuk mendapatkan jangkauan dan traffic yang luas. Jadi jangan lewatkan gelombang tren eksplosif ini, terutama jika brand Anda memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Brand yang menargetkan anak muda

TikTok adalah platform serba cepat dan kuat yang membantu brand menjangkau jutaan pengguna muda. Menurut penelitian Vox, 66% pengguna TikTok berusia di bawah 30 tahun. Jika sebuah merek menargetkan generasi milenial atau Gen Z, TikTok akan menjadi platform pilihan untuk terhubung dengan audiens yang lebih muda.

2. Brand yang bertujuan untuk berkembang secara global

TikTok saat ini tersedia di 155 negara/wilayah dan mendukung 75 bahasa. Dengan pengaruh sosial yang kuat ini, merek dapat dengan mudah menjangkau khalayak luas di seluruh dunia. Menurut laporan data Sensor Tower, per Januari 2020, TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia, dengan lebih dari 1,5 miliar unduhan.

Industri mana yang cocok untuk iklan TikTok?

Industri ritel dan terkait gaya hidup paling cocok untuk atribut TikTok. Karena ini adalah platform yang berfokus pada efek visual, yang terbaik adalah merek memiliki tampilan produk nyata. Iklan TikTok diharapkan dapat menciptakan buzz internet yang besar untuk fashion dan kecantikan, makanan, perjalanan, game, dan ritel.

Namun, harap dicatat bahwa merokok, atau produk atau layanan yang terkait dengan perjudian, narkoba, dan pornografi dilarang di TikTok, dan akan ada batasan yang berbeda karena adat dan budaya setempat di berbagai daerah.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait Iklan TikTok, hubungi Tomato Digital Indonesia sebagai social media ads agency di Indonesia.