Manakah Sosial Media yang Ampuh untuk Meningkatkan Bisnis Anda?

Sejak masa pandemi, tentunya semakin banyak pelaku usaha beralih ke praktik digital marketing untuk pemasaran produk atau jasa bisnis mereka. Dengan melesatnya jumlah dan antusias para pengguna sosial media, banyak pelaku usaha pun turut menerapkan strategi digital marketing di berbagai platform sosial media.

Praktik digital marketing pada media sosial yang biasa kita sebut dengan sosial media marketing ini dapat meningkatkan interaksi antara brand dengan konsumen, sehingga brand lebih memahami apa yang konsumen mereka inginkan. Selain itu, dengan menerapkan social media marketing dapat meningkatkan eksposur brand dan juga dapat menarik pelanggan baru.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua media sosial akan efektif untuk meningkatkan bisnis Anda.

Social Media yang Populer di Tanah Air

Seperti yang kita ketahui bahwa belakangan ini Tiktok menjadi sosial media yang sedang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Brand besar maupun bisnis UMKM pun berlomba-lomba untuk melakukan kampanye social media marketing di Tiktok. Namun jika kita amati, sebenarnya banyak brand yang mendapatkan hasil kurang maksimal dari kampanye tersebut.

Perlu di ketahui bahwa tidak ada satu social media ampuh untuk memasarkan segala jenis bisnis. Hal ini tentunya begantung pada jenis produk, target pasar dan sasaran audiens bisnis Anda. 

Beberapa social media di bawah ini seringkali digunakan untuk kampanye social media marketing:

Meta (Facebook)

Berdasarkan data, jumlah pengguna Facebook di Indonesia per Januari 2022 menempati peringkat ke-tiga terbanyak di dunia setelah India dan Amerika Serikat. Maka tidak heran jika marketers tetap menggunakan Facebook sebagai wadah untuk praktik digital marketing mereka.

Instagram

Jumlah pengguna Instagram di Indonesia saat ini hampir menyentuh angka 100 juta pengguna aktif bulanan per tahun 2022. Angka ini merupakan terbesar keempat di dunia, setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil. 

Tiktok

Mayoritas pengguna Tiktok adalah generasi muda di bawah usia 30 tahun. Sebagian besar mereka menggunakan platform ini untuk menonton video di FYP.

Twitter

Twitter juga lebih awal muncul dan masih eksis sampai sekarang. Jumlah pengguna Twitter di Indonesia pun menempati posisi ke-lima terbanyak di dunia. Warganet Indonesia menggunakan platform ini untuk berdiskusi informasi terkini yang sering menjadi trending topik. 

LinkedIn

Pengguna aktif di platform LinkedIn adalah para pengambil keputusan di dunia bisnis yang memiliki daya beli yang kuat. Mereka lebih responsif terhadap iklan yang memerlukan waktu untuk pertimbangan dibandingkan dengan audiens di platform media sosial yang lain. 

 

Pilih platform yang tepat untuk bisnis Anda

Nah, sebelum memilih media sosial untuk kampanye perusahaan Anda, cobalah Anda bertanya pada diri sendiri:

  1. Apakah bisnis Anda termasuk B2B/B2C?
  2. Siapakah target pasar bisnis Anda?
  3. Apa tujuan dari kampanye social media marketing bisnis Anda? Apakah untuk meningkatkan penjualan? ataukah untuk membangun brand awareness?

 

Jika bisnis Anda termasuk dalam kategori B2C, maka social media seperti Tiktok dan Instagram akan lebih cocok untuk membangun branding dan berinteraksi dengan pelanggan Anda. Perlu diketahui bahwa teknik social media marketing di kedua platform tersebut lebih mengutamakan visual dan konten yang lebih menghibur bagi para audiens. Konten dalam format teks dan lebih informatif kemungkinan tidak akan mendapat banyak perhatian dari audiens.

Lain halnya jika bisnis Anda termasuk dalam kategori B2B. Perlu diketahui bahwa bisnis B2B akan lebih ampuh untuk menggunakan LinkedIn, Facebook, dan Twitter sebagai wadah praktik digital marketing untuk bisnis Anda.

Tanpa pengetahuan yang mendalam tentang digital marketing, kemungkinan strategi Anda akan kurang efektif dan membutuhkan waktu lebih untuk mengoptimalkan strategi digital marketing Anda. 

Ada baiknya jika Anda mempercayakan pada jasa social media marketing. Jika Anda butuh bantuan dalam social media marketing dan management, Anda dapat berkonsultasi dengan kami disini, tim kreatif kami akan membantu merencanakan strategi dan memberi solusi digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.