Cara Memaksimalkan Strategi Pemasaran Anda dengan LinkedIn

Menurut survey, 40% dari marketer B2B menilai LinkedIn sebagai saluran paling efisien untuk menghasilkan leads berkualitas tinggi. Mereka melihat tingkat konversi hingga 2x lebih tinggi dan 77% content marketer juga mengatakan bahwa LinkedIn mampu menghasilkan hasil organik yang terbaik. Terlebih lagi, iklan LinkedIn pun juga digunakan oleh 75% content marketer  B2B, tingkat ini lebih tinggi daripada Facebook dan Twitter.

Jika Anda mengira fungsi LinkedIn hanya untuk mencari peluang karir, akan sangat disayangkan apabila Anda melewatkan social media yang paling ampuh untuk pasar B2B!

Artikel kali ini akan membahas penjelasan mengenai LinkedIn, pengguna, dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk meningkatkan bisnis Anda.

 

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn adalah jaringan sosial media bagi para profesional di internet. Sebagian besar pengguna dari LinkedIn menggunakannya untuk mencari pekerjaan atau magang, membangun hubungan profesional, dan belajar keterampilan untuk sukses dalam karir mereka. Siapa pun yang lebih dari 18 tahun dapat menggunakan LinkedIn untuk bergabung dengan jaringan profesional, seperti pemilik UMKM, mahasiswa, dan pencari kerja.

 

Pengguna LinkedIn

Saat ini, LinkedIn memiliki lebih dari 875 juta pengguna di seluruh dunia dan lebih dari 58 juta organisasi/perusahaan yang terdaftar. Secara demografis, mayoritas pengguna social media ini adalah pria, yang merupakan 57% dari basis pengguna LinkedIn. Lebih dari 59% pengguna LinkedIn adalah para milenial.

Di awal tahun 2022, LinkedIn mengumumkan bahwa mereka memiliki 20 juta anggota di Indonesia. Berdasarkan statistik, sekitar 63% pengguna LinkedIn di Indonesia adalah kelompok usia 25 hingga 34 tahun. Milenial adalah anggota mayoritas di platform ini. Sedangkan 29% penggunanya adalah orang-orang dari usia 18 hingga 24 tahun. Dan 8% sisanya adalah orang yang berusia di atas 35 tahun.

Namun, LinkedIn bukan sekedar platform yang kuat untuk pencari kerja dan profesional yang ingin memperluas jaringan mereka, tetapi juga merupakan alat yang berharga untuk bisnis yang ingin terhubung dengan pelanggan dan prospek. Berikut merupakan cara memanfaatkan LinkedIn untuk pemasaran bisnis Anda:

Bangun Halaman Perusahaan

Halaman Perusahaan Anda adalah wajah merek Anda di LinkedIn. Pastikan itu lengkap, profesional, dan terkini. Bagikan kisah, produk, dan layanan perusahaan Anda, serta konten pemikiran kepemimpinan untuk memamerkan keahlian Anda dan melibatkan audiens Anda.
 

Memanfaatkan Iklan LinkedIn

Iklan LinkedIn adalah platform periklanan canggih yang memungkinkan Anda menargetkan audiens tertentu berdasarkan jabatan, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya. Dengan Iklan LinkedIn, Anda dapat menjangkau orang yang tepat pada waktu yang tepat, meningkatkan kemungkinan iklan Anda beresonansi dengan audiens target Anda.
 

Buat Konten Menarik

Bagikan konten yang berharga dan menarik dengan audiens Anda secara teratur. Ini dapat mencakup posting blog, artikel, infografis, dan banyak lagi. Dengan memberikan informasi berharga kepada audiens Anda, Anda akan membangun brand Anda sebagai pemimpin dalam industri dan juga meningkatkan visibilitas Anda di LinkedIn.
 

Manfaatkan Advokasi Karyawan

Dorong karyawan Anda untuk membagikan konten perusahaan Anda di profil LinkedIn pribadi mereka. Ini dapat membantu meningkatkan jangkauan dan pengaruh konten Anda, karena jaringan karyawan Anda mungkin berbeda dari jaringan Anda.
 

Terlibat dengan Audiens Anda

Tanggapi komentar dan pesan dari audiens Anda secara tepat waktu dan profesional. Dengan terlibat secara aktif dengan audiens Anda, Anda akan membangun hubungan yang lebih kuat dan meningkatkan peluang mengubah prospek menjadi pelanggan.
 

LinkedIn merupakan platform yang kuat yang dapat membantu bisnis dari semua ukuran untuk terhubung dengan pelanggan dan prospek, serta dapat memaksimalkan upaya pemasaran. Baik Anda baru memulai di LinkedIn atau ingin meningkatkan upaya pemasaran Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan kami untuk mengembangkan bisnis Anda melalui LinkedIn. Tomato Digital Indonesia menyediakan layanan pengelolaan media sosial dan juga periklanan. Tim ahli kami akan segera menghubungi Anda dan membantu Anda menyusun strategi dan menargetkan iklan secara efektif.