Video Marketing: Cara Ampuh untuk Tingkatkan Engagement sampai Konversi

Di era digital ini, semakin banyak pengguna internet menghabiskan waktu untuk melihat konten dalam format video. Konten video tidak bisa dipungkiri sangat menarik perhatian para penontonnya. Mulai dari testimoni produk, video tutorial, video vlog, sampai video yang lucu, para penonton kerap menyimpan dan membagikan video tersebut jika dianggap memberi informasi, menghibur dan menginspirasi.

Berdasarkan prediksi YouTube, konten video dipercaya masih akan mendominasi tren marketing di tahun 2023. Sebagai pelaku bisnis, sudahkah Anda menerapkan strategi video marketing?

Apa itu Video Marketing?

Video marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang menggunakan video untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau layanan. Sebenarnya teknik marketing ini sudah ada sejak tahun 1941, yang mana pada saat itu dilakukan melalui televisi. Seiring dengan perkembangan teknologi, modal untuk melakukan video marketing pun tidak semahal dulu. Dengan adanya internet dan social media, kini membuat konten atau iklan dalam format video dapat dilakukan oleh siapa saja.

Seperti yang kita ketahui belakangan ini berbagai platform social media sangat mengutamakan fitur dengan format video, sebut saja dengan TikTok, yang lebih diminati oleh para generasi muda selama pandemi. Sejak itu platform lainnya pun tidak mau ketinggalan dengan adanya fitur konten video yang berdurasi pendek, seperti YouTube Shorts, Instagram Reels.

Kenyataannya, konten atau iklan dalam format video lebih diminati karena cara penyampaian pesan yang lebih efektif, menarik dan mudah diingat daripada format teks. Hal ini bisa kita lihat dalam hasil penelitian perilaku konsumen terhadap video.

Apa Manfaat Menggunakan Video Marketing?

Saat ini banyak pelaku bisnis memilih untuk menggunakan video marketing dalam strategi pemasaran brand nya. Hal ini dikarenakan dapat membantu mereka untuk membangun kepercayaan dengan pelanggannya sekaligus menampilkan produk atau layanan dalam format yang lebih menarik. 

Terlebih lagi, dengan popularitas media sosial dan platform berbagi video yang lainnya seperti YouTube dan TikTok, kini video marketing semakin mudah untuk dijalankan dan memiliki pengaruh besar dibandingkan sebelumnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari video marketing:

 

Meningkatkan engagement

Video adalah cara yang lebih menarik dan mudah diingat untuk menyampaikan pesan daripada bentuk pemasaran lainnya, seperti teks atau gambar. Anda dapat membagikan video Anda di social media seperti TikTok, Instagram, Facebook ataupun LinkedIn. Anda juga bisa menggunakan social media agency untuk membantu social media management dan marketing yang dapat membantu untuk mencapai goal yang Anda inginkan.

 

Memperluas jangkauan

Video dapat dengan mudah dibagikan di media sosial dan platform online lainnya, menjadikannya cara yang hemat biaya untuk menjangkau banyak pemirsa.

 

Meningkatkan konversi

Masih ingat dengan slogan “TikTok made me buy it” atau “racun TikTok”? Anda dapat menggunakan video untuk menampilkan produk atau layanan dengan cara yang lebih menarik, yang dapat meningkatkan konversi dan penjualan. 

 

Optimasi SEO

Video dapat meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) situs web dengan meningkatkan waktu tinggal dan engagement, hal ini dapat berpengaruh pada peringkat di hasil mesin penelusuran yang lebih tinggi. Agar video Anda semakin mudah ditemukan dan ditonton banyak orang, Anda juga dapat menggunakan jasa profesional SEO yang menyediakan layanan optimasi Youtube SEO.

 

Meningkatkan brand awareness 

Video dapat membantu membangun brand awareness dengan menampilkan produk atau layanan perusahaan dengan cara yang kreatif dan menarik. Anda dapat menggunakan jasa profesional Google Ads agar video Anda menjadi dapat menjadi video iklan yang lebih tertarget. Dengan begitu strategi video marketing Anda akan lebih mengena target konsumen Anda.

 

Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Video dapat membantu membangun kepercayaan pelanggan dengan menyediakan konten yang informatif dan mendidik, yang dapat meningkatkan loyalitas dan bisnis berulang.

 

Storytelling yang lebih baik

Video dapat digunakan untuk menceritakan kisah dengan cara yang lebih emosional dan menarik, ini dapat mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan.
 

Jika Anda juga ingin menggunakan teknik video marketing dalam strategi pemasaran Anda, namun Anda tidak tahu harus mulai darimana, Anda dapat berkonsultasi dengan kami di sini. Tim kami siap membantu Anda dalam urusan digital marketing.


Baca juga:
Manakah Sosial Media yang Ampuh untuk Meningkatkan Bisnis Anda?
Pahami lebih jauh tentang Iklan TikTok untuk menarik perhatian anak-anak Gen Z!