Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memasang Iklan Sendiri

Beriklan adalah aspek penting dari bisnis apapun, selain dapat membantu meningkatkan brand awareness dan visibilitas bisnis Anda, dengan beriklan juga dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan. Ini adalah investasi berharga untuk semua ukuran bisnis dan mendorong kesuksesan bagi perusahaan Anda.

Saat ini, semakin banyak bisnis yang menggunakan iklan online untuk menjangkau target pelanggan mereka. Mau Anda menyiapkan iklan sendiri atau mempercayakannya ke jasa iklan Google profesional, tujuannya adalah untuk membuatnya seefektif dan seefisien mungkin.

Menyiapkan iklan sendiri dapat menghemat uang dan memberi Anda lebih banyak kendali atas upaya periklanan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mulai membuat iklan sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memasang iklan.

Kenali audiens Anda

Sebelum Anda membuat iklan, penting untuk memahami siapa yang ingin Anda jangkau. Hal ini akan berpengaruh pada bahasa dan gambar seperti apa yang harus Anda gunakan pada iklan Anda.

Sebagian besar perusahaan besar menggunakan kategorisasi ini untuk mengidentifikasi profil audiens target mereka:

  1. Niat membeli
  2. Minat
  3. Budaya

 

Tentukan tujuan Anda

Apa yang ingin Anda capai dengan memasang iklan ini? Apakah untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic website, atau menghasilkan konversi? Mendefinisikan tujuan Anda dengan jelas akan membantu Anda membuat iklan yang lebih fokus dan efektif.
 

Pilih platform yang tepat

Ada banyak platform yang dapat dipilih untuk menyiapkan iklan. Beberapa opsi paling populer termasuk Google Ads, Facebook Ads, LinkedIn Ads, dan lainnya. Setiap platform memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing, jadi penting untuk memilih salah satu yang paling membantu Anda mencapai tujuan.
 

Anggaran

Menyiapkan iklan bisa sangat mahal, jadi penting untuk memiliki anggaran sebelum memulai. Ini akan membantu Anda menentukan jenis iklan yang dapat Anda buat, lama waktu Anda dapat menjalankannya, dan audiens target yang dapat Anda jangkau.
 

Elemen kreatif

Visual dan bahasa yang Anda gunakan dalam iklan sangat menentukan keberhasilan iklan Anda. Pastikan gambar menarik dan relevan dengan audiens Anda, dan bahasanya jelas, ringkas, dan menarik.
 

Uji dan ukur

Setelah iklan Anda ditayangkan, penting untuk memantau kinerjanya dan melakukan penyesuaian seperlunya. Uji berbagai elemen iklan Anda, seperti judul atau gambar, untuk melihat apa yang sesuai dengan audiens Anda dan mendorong hasil terbaik.
 

Pertimbangan hukum

Pastikan untuk memahami undang-undang dan peraturan periklanan, serta kebijakan platform yang Anda gunakan. Ini akan membantu memastikan bahwa iklan Anda legal dan sesuai dengan standar industri.
 

Meskipun membuat iklan sendiri dapat menghemat uang, hal ini juga merupakan tantangan tersendiri apabila kurangnya pengalaman, memakan waktu, masalah penargetan, kurangnya wawasan dan analisis, dan kebutuhan untuk mengikuti perubahan yang sedang berlangsung. Akibatnya, mungkin sulit untuk membuat kampanye iklan yang berhasil dan efisien. Akan lebih baik bekerja sama dengan jasa Google Ads profesional; mereka menawarkan solusi yang dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda.