Top 9 Display Ads Terpopuler

Iklan Display Ads adalah bagian penting dari pemasaran digital dan telah ada selama lebih dari dua dekade. Iklan ini berbentuk elemen visual yang muncul di situs web, platform media sosial maupun saluran digital lainnya. Mereka dirancang untuk menarik perhatian pengguna dan mengkomunikasikan pesan tentang produk, layanan, atau merek.

Seiring pertumbuhan digital marketing, iklan Display Ads menjadi lebih canggih dan populer. Sebelum memilih jenis iklan mana yang lebih baik untuk kampanye Anda, mari kita lihat 9 jenis iklan Display Ads yang paling populer.

Interstitial Ads

Interstitial ads adalah iklan dengan layar penuh yang muncul di antara konten di situs web atau aplikasi. Iklan ini sering digunakan sebagai transisi antara konten dan sangat efektif dalam menarik perhatian pengguna. Iklan ini lebih populer di kalangan pengembang aplikasi seluler, dan sering kali menyertakan opsi bagi pengguna untuk melewati iklan setelah beberapa detik. 

Iklan ini dapat ditampilkan dalam berbagai cara, termasuk statis (gambar) dan multimedia (seperti video, misalnya). Jika berupa gambar statis, iklan pengantara dapat langsung ditutup, tetapi jika berupa film, pengunjung biasanya perlu menunggu lima menit sebelum mereka dapat melihat tanda silang dan menutupnya. Selain itu, mereka mungkin berupa playable ads yang memungkinkan pengguna dapat memainkan game di iklan sebelum mengunduhnya.
 

Banner Ads

Iklan spanduk merupakan jenis display ads yang paling sering kita jumpai, biasanya ditempatkan di bagian atas atau bawah halaman situs web. Iklan ini biasanya berbentuk persegi panjang dan biasanya terdiri dari gambar dan teks yang berupa statis (gambar) atau animasi. Penggunaan iklan spanduk dipercaya merupakan cara yang efektif untuk mendorong brand awareness dan mempromosikan produk. 

Video Ad

Iklan video menjadi semakin populer karena semakin banyak orang yang mengonsumsi konten video online. Mereka dapat ditampilkan dalam berbagai format, termasuk iklan pra-putar yang diputar sebelum video dan iklan in-stream yang diputar selama video. Format ini dipercaya lebih menarik dan dapat menyampaikan pesan dengan lebih efektif daripada jenis display ads lainnya.

Expandable Ads

Iklan ini adalah jenis display ads yang dimulai sebagai spanduk kecil, tetapi meluas ke ukuran yang lebih besar saat pengguna berinteraksi dengannya. Iklan ini populer di kalangan pengiklan karena memungkinkan lebih banyak kreativitas dan keterlibatan daripada iklan bergambar tradisional.

Iklan ini merupakan cara yang baik untuk menarik perhatian pengguna dan memberikan lebih banyak informasi tentang produk atau layanan, karena iklan yang diperluas memberikan lebih banyak ruang untuk perpesanan dan konten. Lebih baik jika dirancang secara estetis dan memuat dengan cepat, untuk menghindari pengguna yang mengganggu atau membuat frustasi.
 

Slider Ads

Iklan Slider Ads merupakan jenis display ads yang muncul sebagai spanduk kecil di situs web dan dapat diperluas untuk menampilkan lebih banyak konten. Mereka mirip dengan expandable ads dan sering dipicu oleh gerakan mouse pengguna atau oleh pengguna jika mereka mau. Kelebihan dari iklan ini adalah tidak memakan banyak ruang di situs web, memungkinkan pengguna untuk terus menjelajahi konten tanpa terganggu.

Native Ads

Iklan native adalah iklan yang menyatu sempurna dengan konten situs web atau aplikasi. Mereka dirancang agar terlihat dan terasa seperti konten biasa dan sering digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan. IKlan ini sangat efektif karena tidak terlalu mengganggu dibandingkan jenis display ads lainnya dan lebih cenderung diklik oleh pengguna.

Salah satu manfaat utama dari iklan native adalah kemungkinan kecilnya diblokir oleh pemblokir iklan, karena tidak mudah dikenali sebagai iklan. Selain itu, iklan bawaan dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan konten atau produk relevan yang sesuai dengan minat pengguna.

 

Pop-Up Ads

Pop-up ads adalah iklan yang muncul sebagai jendela terpisah di situs web. Mereka sering digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan dan sangat efektif dalam menarik perhatian pengguna. Namun , iklan pop-up sering dianggap mengganggu oleh pengguna dan dapat mengakibatkan bounce rate yang tinggi untuk situs web. Ini karena mereka dapat mengganggu pengalaman pengguna dan mempersulit navigasi situs web.


Selain itu, browser modern dan pemblokir iklan telah mempermudah pengguna untuk memblokir iklan pop-up, menjadikannya kurang efektif bagi pengiklan. Akibatnya, banyak pemasar beralih ke bentuk periklanan yang lebih halus, seperti native ads atau interstitial ads, yang tidak terlalu mengganggu dan lebih cenderung melibatkan pengguna. 
 

Wallpaper Ads

Iklan wallpaper adalah jenis display ads yang muncul sebagai gambar latar di situs web. Mereka seringkali digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan dan dirancang agar menarik dan berkesan bagi pengguna. Iklan wallpaper biasanya menempati sebagian besar layar dan ditempatkan di belakang konten situs web.

Tujuan dari iklan wallpaper adalah untuk menambahkan daya tarik visual ke situs web sekaligus mempromosikan produk, layanan, atau merek. Iklan ini sangat efektif dalam menarik perhatian pengguna karena tidak mudah diabaikan dan dapat memberikan kesan yang kuat pada pengguna. Namun, penting untuk menggunakan iklan wallpaper dengan cara yang meningkatkan pengalaman pengguna (user experience), bukan malah mengganggunya.
 

Skyscraper Ads

Iklan ini adalah jenis display ads yang berbentuk tinggi dan vertikal, biasanya muncul di sisi situs web. Ukurannya biasanya muncul di sisi situs web. Ukurannya biasanya berukuran 160x600 atau 120x600 piksel dan dirancang untuk menarik perhatian pengguna saat mereka menjelajahi web. Iklan skyscraper adalah cara yang baik untuk menambahkan minat visual ke situs web sekaligus meningkatkan brand awareness dan menghasilkan prospek.

Iklan ini bisa statis atau animasi, dan bisa menyertakan gambar, video, atau elemen multimedia lainnya. Iklan ini sangat efektif karena menghabiskan banyak ruang di halaman dan kecil kemungkinannya untuk diabaikan oleh pengguna dibandingkan dengan iklan yang lebih kecil dan kurang menonjol.
 

Jika Anda masih ragu dalam memilih display ads mana yang terbaik untuk kampanye Anda, Anda dapat bertanya kepada jasa iklan google professional. Ini adalah cara terbaik untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. Mereka lebih berpengalaman dalam membuat kampanye iklan yang efektif dan efisien, menghemat waktu Anda dan dapat membantu Anda menghindari kesalahan yang merugikan. Baik Anda ingin meningkatkan brand awareness, menaikan traffic website, atau menghasilkan prospek dan penjualan, jasa iklan google ads profesional dapat membantu Anda mencapai sasaran.

Baca juga: Mengapa Anda harus menggunakan jasa Google Ads agency?