Pentingnya Sistem Navigasi Website yang User-Friendly dan Cara Membuatnya

Pentingnya website yang didesain dengan baik dan user-friendly tidak dapat dipungkiri seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang beralih untuk melakukan kegiatan operasional secara online. Salah satu komponen utama dari website yang bagus adalah sistem navigasi yang memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat dan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas pentingnya sistem navigasi yang mudah digunakan dan juga memberikan beberapa tips tentang cara membuatnya.

 

Mengapa Sistem Navigasi yang User-Friendly Penting?

 

Meningkatkan pengalaman pengguna

Situs web dengan sistem navigasi yang membingungkan atau sulit digunakan dapat dengan cepat membuat pengunjung frustasi, menyebabkan mereka meninggalkan situs Anda dan mencari pesaing Anda. Di sisi lain, sistem navigasi yang dirancang dengan baik akan memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari, hal ini akan menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan meningkatkan engagement dengan situs Anda.

 

Meningkatkan konversi

Ketika pengguna dapat dengan cepat dan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan di website Anda, mereka cenderung melakukan tindakan yang diinginkan, baik itu melakukan pembelian, mengisi formulir, atau menghubungi bisnis Anda. Sistem navigasi yang user friendly dapat membantu untuk meningkatkan peluang konversi Anda.

 

Meningkatkan SEO

Mesin penelusuran memprioritaskan website dengan pengalaman pengguna yang baik, dan sistem navigasi yang mudah digunakan merupakan faktor penting dalam mencapai hal ini. Dengan memudahkan pengguna untuk menavigasi situs Anda dan menemukan informasi yang relevan, website Anda juga menjadi lebih SEO friendly, sehingga dapat meningkatkan peringkat website Anda di mesin penelusuran dan menarik lebih banyak traffic organik.

Cara Membuat Sistem Navigasi yang User Friendly

 

Tetap Sederhana

Kunci dari sistem navigasi yang baik adalah sederhana. Batasi jumlah item menu dan atur secara logis. Gunakan label yang jelas dan deskriptif yang mencerminkan konten di setiap halaman secara akurat.

 

Buatlah konsisten

Konsistensi penting dalam hal navigasi website. Gunakan tata letak dan desain menu yang sama di seluruh website Anda, sehingga pengguna selalu tahu di mana menemukan apa yang mereka cari.

 

Gunakan Menu Dropdown

Menu dropdown adalah cara terbaik untuk mengatur sejumlah besar item menu tanpa mengacaukan bilah navigasi Anda. Pastikan dropdown mudah digunakan dan dinavigasi, dengan label yang jelas dan hierarki yang logis.

 

Mobile-Friendly

Dengan semakin banyaknya pengguna yang mengakses situs web di perangkat seluler mereka, penting untuk memastikan bahwa sistem navigasi Anda mobile friendly (ramah seluler). Gunakan desain responsif yang beradaptasi dengan berbagai ukuran layar dan pastikan menu Anda mudah diakses dan digunakan di layar yang lebih kecil.

 

Uji dan Perbaiki

Setelah Anda menerapkan sistem navigasi Anda, penting untuk mengujinya dan menyempurnakannya sesuai kebutuhan. Minta feedback atau saran dari pengguna dan lacak perilaku pengguna untuk mengidentifikasi masalah atau area apa pun untuk perbaikan.

 

Kesimpulan

Sistem navigasi yang user friendly adalah komponen penting dari website manapun. Dengan tetap sederhana, konsisten, dan mobile friendly, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna, meningkatkan konversi, dan meningkatkan SEO website Anda. Dengan mengingat tips ini, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk membuat sistem navigasi yang bekerja untuk Anda dan pengguna Anda.

Anda dapat menghubungi Tomato Digital Indonesia jika Anda memerlukan bantuan untuk jasa pembuatan website atau bidang pemasaran digital lainnya. Tim profesional desain website kami siap membantu Anda dalam mencapai tujuan bisnis Anda. Percayakan strategi digital marketing Anda pada kami.