Iklan YouTube: Kelebihan, Format dan Spesifikasi

Di dunia digital saat ini, iklan online telah menjadi bagian penting dari setiap strategi pemasaran. Dengan adanya jutaan pengguna yang mengunjungi YouTube setiap hari, tidak mengherankan jika semakin banyak bisnis yang beralih menggunakan iklan YouTube untuk mengkomunikasikan pesan dari brand mereka. 

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari mengapa iklan YouTube merupakan cara ampuh untuk mendapatkan perhatian dan mendorong penjualan, dan mengapa Anda harus mulai menggunakannya hari ini.

Keuntungan Iklan YouTube

Agensi digital marketing pada umumnya akan memberikan saran mengenai format iklan yang menguntungkan bagi bisnis Anda. Dari berbagai macam format Google Ads yang ada saat ini, YouTube Ads merupakan salah satu format iklan yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan YouTube adalah mesin penelusuran terbesar ke-dua di dunia yang memiliki jangkauan audiens yang luas.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan iklan Youtube sebagai salah satu media pemasaran bisnis Anda:

Jangkau Audiens yang Besar

YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif. Seiring dengan banyaknya orang yang menonton video, iklan YouTube memiliki audiens yang sangat besar untuk memasarkan produk atau layanan Anda. Ini berarti Anda dapat menjangkau sejumlah besar pelanggan potensial yang tertarik dengan industri, produk, atau layanan Anda.

Penargetan Iklan yang Tepat

Iklan YouTube juga menawarkan berbagai opsi penargetan, sehingga Anda dapat menampilkan iklan kepada audiens yang tepat. Anda dapat menargetkan iklan berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat. Artinya, Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang yang kemungkinan besar tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Engagement Tinggi

Faktanya, saat ini audiens lebih cenderung terlibat dengan iklan video daripada jenis format iklan lainnya. Dengan begitu Anda memiliki peluang lebih besar untuk membuat audiens melakukan tindakan, seperti mengklik ke website Anda atau melakukan pembelian.

Biaya Efektif

Sama halnya dengan iklan Google Ads yang lainnya, iklan YouTube juga dapat menghemat biaya pemasaran bisnis Anda. Anda hanya perlu membayar bila seseorang berinteraksi dengan iklan Anda, seperti mengklik ke website Anda atau menonton selama jangka waktu tertentu. Ini berarti Anda bisa mengkomunikasikan pesan Anda di depan banyak orang tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.

Hasil yang Dapat Diukur

Anda dapat melacak kinerja iklan Anda dan melihat berapa banyak orang yang melihat iklan Anda, berapa banyak orang yang mengklik ke website Anda, dan berapa banyak orang yang melakukan pembelian. Dengan begitu Anda dapat menyesuaikan strategi periklanan Anda berdasarkan data nyata untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil terbaik.

 

Format Iklan YouTube

YouTube menawarkan beberapa format iklan dengan masing-masing fitur dan manfaat uniknya sendiri. Berikut adalah format iklan utama yang tersedia di YouTube:

 

Skippable In-Stream Ads

Skippable in-stream ads merupakan jenis iklan YouTube paling umum, iklan ini biasa muncul sebelum, selama, atau setelah video. Ketentuan durasi untuk Skippable Ads sendiri mulai dari 12 detik sampai 6 menit. User yang menonton iklan ini memiliki opsi untuk melewati iklan setelah 5 detik. Sedangkan pengiklan akan mulai dikenakan biaya jika user menonton iklan setidaknya 30 detik, sampai video selesai, atau jika user mengklik call-to-action dari iklan tersebut. 

 

Non Skippable In-Stream Ads

Sesuai dengan namanya, non skippable in-stream ads ini mengharuskan audiensnya untuk menonton iklan sampai selesai sebelum mereka dapat mengakses konten yang ingin mereka lihat. Durasi iklan ini berkisar antara 15 sampai 20 detik saja.

 

In-feed video Ads

In-feed ads adalah iklan yang muncul dari hasil penelusuran atau bagian video terkait di YouTube. Selain itu iklan ini juga dapat muncul di halaman utama YouTube dan Watch feed.

 

Bumper Ads

Bumper ads adalah iklan dengan durasi paling singkat di antara iklan YouTube yang lainnya. Dengan durasi 6 detik saja, menjadikannya pilihan yang cocok untuk mengkomunikasikan pesan dengan singkat, padat dan jelas. Seiring dengan durasinya yang sangat singkat, iklan video ini juga tidak dapat dilewati begitu saja dan mengharuskan user untuk menonton iklan sampai selesai.

Jika ingin memasang iklan di YouTube, Anda dapat menghubungi jasa Google Ads untuk membantu pemasangan dan pengoptimalan iklan bisnis Anda. Silahkan hubungi kami di sini untuk mendapatkan konsultasi secara gratis dengan kami.