Google Performance Max: Beriklan dengan Teknologi AI

Pada awal tahun 2023, seluruh dunia ramai membicarakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, disingkat AI) yang bernama ChatGPT. 

Namun tahukah Anda? Dalam digital marketing, teknologi AI sudah lebih dulu digunakan Google pada salah satu produknya yaitu Google Performance Max.

Sejak peluncurannya pertama kali di tahun 2021, fitur dan performanya telah membantu para pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran dengan lebih efektif. 

Keunggulan yang menonjol dari Performance Max adalah fiturnya yang dapat memaksimalkan penempatan iklan Anda di berbagai channel Google seperti: Search, YouTube, Display, Discover, Gmail dan Maps

Manfaat Google Performance Max

Google Performance Max yang menggunakan teknologi AI ini banyak diminati karena dapat membantu bisnis untuk beradaptasi sesuai dengan perilaku konsumen yang terus berubah.

Secara garis besar, Performance Max mengutamakan goal Anda (sales, leads, store goals) sehingga dapat membantu untuk menemukan peluang konversi ROI tertinggi. Tentunya beriklan dengan Performance Max menjadi lebih efektif dibanding iklan Google Search yang biasa.

Selain itu, dengan adanya data real time, Google juga mampu mendeteksi user intent dan preferensi pengguna, sehingga Performance Max mampu menjangkau segmen audiens yang terkadang tidak pernah terpikirkan oleh kita saat mengatur target audiens.

Dengan teknologi machine learning pada Performance Max, jangkauan audiens menjadi lebih akurat dan membantu para bisnis owner dalam memaksimalkan konversi.

Siapa yang Cocok Menggunakan Performance Max

Performance Max sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis e-Commerce dan business owner yang menggunakan marketplace untuk menjual produknya.

Bisnis lokal juga dapat memanfaatkan Performance Max untuk meningkatkan jangkauan pada target konsumen pada saluran yang berbeda, seperti di Google Map.

Selain itu, Performance max juga dapat digunakan untuk bisnis dengan skala yang lebih besar untuk mempermudah melakukan kampanye di berbagai saluran secara bersamaan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Tentang Performance Max

Sebelum menggunakan Performance Max, Anda perlu memahami bahwa ada beberapa perbedaan pada Performance Max dan Google Ads yang biasa.

Performance Max pada dasarnya adalah iklan cross-channel, yang berarti iklan akan didistribusikan pada beberapa platform untuk memaksimalkan efeknya. 

Namun, ini juga berarti Anda tidak dapat memilih satu platform saja untuk menjalankan iklan Anda. Fitur Google Performance Max mengharuskan iklan Anda untuk tampil di setiap platform Google.

Perlu diingat juga dengan memanfaatkan teknologi AI, performa iklan memang akan meningkat sekitar 20%. Namun, jika ditambah lagi dengan manual input dari ahli Google Ads, akan meningkat lagi sebesar 15%. Jadi, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda dapat mengandalkan jasa Google Ads untuk mengoptimalkan iklan Anda.

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjalankan Performance Max

Dalam merangkai strategi Google Performance Max, Anda perlu dengan cermat merencanakan dan mempertimbangkan goals dan target audiens yang akan Anda pilih.

Idealnya tujuan kampanye Anda harus spesifik, dapat diukur dan relevan, misalnya seperti meningkatkan traffic website, mendatangkan leads, ataupun meningkatkan penjualan.

Berikutnya, jika Anda sudah menentukan target audiens, gunakan fitur custom audiences targeting Google Performance Max untuk menentukan umur, gender, lokasi dan interest. Ini akan membantu memastikan iklan Anda tertuju pada orang-orang yang memiliki kemungkinan untuk membeli produk Anda.

Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan aset-aset kreatif seperti teks, logo, gambar ataupun video yang akan Anda gunakan pada iklan. Berikut adalah rekomendasi ukuran iklan Performance Max:

Gambar: Gambar yang perlu Anda sediakan minimal 5 gambar dengan ukuran file maksimal  5120 KB

  • Landscape: 1200 x 628 / 600 x 314 px
  • Square: 300 x 300 / 1200 x 1200 px
  • Portrait: 480 x 600 / 960 x 1200 px

Logo: Logo perusahaan Anda dengan ukuran file maksimal 5120 KB

  • Square: 128 x 128 / 1200 x 1200 px
  • Landscape: 512 x 128 / 1200 x 300 px

Video: Opsional (jika Anda tidak punya aset video, Performance Max akan membuatkan untuk Anda).

Itulah informasi seputar Google Performance Max, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari cara untuk meningkatkan konversi iklan.

Jika Anda memilih untuk mempercayakan iklan pada ahlinya, silahkan hubungi Tomato Digital Indonesia. Tim ahli kami telah mengikuti pelatihan bersertifikat serta berpengalaman dalam menghandle iklan digital untuk berbagai industri dan berulang kali mencapai hasil yang memuaskan. Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis