Mengenal Aplikasi Threads Instagram, Saingan Twitter

Pada awal Juli lalu, pendiri sekaligus CEO Meta Mark Zuckerberg secara resmi meluncurkan aplikasi bernama Threads. Sekarang aplikasi ini dapat diakses di 100 negara termasuk Indonesia.

Menurut sumber, jumlah pengguna Threads diyakini mencapai 100 juta dalam lima hari sejak peluncuran. Meskipun begitu, belum lama sejak pencapaian yang fantastis, Threads menunjukkan tren penurunan dalam aspek pertumbuhan jumlah pengguna dan diyakini belum bisa membuat pengguna betah berlama-lama menggunakan aplikasi tersebut.

Jika Anda belum mulai menggunakan Threads, mari simak artikel ini untuk mengenal lebih jauh aplikasi ini.

Apa itu Threads?

Threads merupakan aplikasi media sosial terbaru yang dikembangkan oleh tim Instagram dengan fungsi utama berbagi teks dan bergabung dalam pembicaraan yang bersifat publik.

Aplikasi yang digadang-gadang sebagai rival Twitter ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Twitter,  menggunakan teks sebagai format utama pada feed. Meskipun demikian, pengguna juga dapat menggunakan foto atau video untuk mengunggah post.

Apa saja Fitur Threads?

Dalam aplikasi Threads, pengguna dapat mengunggah maksimal 500 karakter untuk sekali post. Mirip dengan aplikasi Twitter, pengguna juga dapat membalas, repost dan mengutip pesan pengguna lain pada postingan Threads.

Namun, tidak asal menjiplak Twitter, layout aplikasi dan sistem navigasi Threads mengikuti DNA estetik dari Instagram dan juga memungkinkan pengguna untuk langsung membagikan post dari Threads ke Instagram Stories. 

Ditambah lagi, akun verified pada Instagram juga otomatis akan muncul sebagai akun verified pada Threads. Hal ini semakin meningkatkan minat para akun verified Instagram untuk menggunakan aplikasi Threads dan Instagram secara bersamaan.

Hanya tersedia versi Mobile

Untuk saat ini aplikasi Threads hanya tersedia sebagai aplikasi di smartphone, karena itulah banyak pengguna yang mengeluh tidak dapat mengakses Threads dari komputer atau laptop.

Sampai sejauh ini, belum ada pengumuman resmi dari Threads apakah mereka juga akan membuat versi desktop dari aplikasi ini.

Kesimpulan

Meskipun banyak meraih sukses di awal, Threads masih memiliki banyak ruang untuk ditingkatkan. Jika dibandingkan dengan Twitter yang memiliki versi desktop, pesan instan, trending topik, dan kemampuan mengedit postingan, Threads masih kurang bersaing secara fitur. Namun, dengan adanya basis pengguna yang besar dari Instagram, Threads tetap memiliki peluang yang besar untuk bersaing dengan Twitter.