Tips Konten Masuk ke FYP di TikTok dan Jadi Video Trending

Siapa yang tidak tahu istilah FYP? Bagi para content creator,  masuk FYP di TikTok menjadi salah satu tolak ukur berhasil tidaknya konten yang dibuat. Tidak hanya mendapatkan jumlah viewers yang banyak, masuk FYP juga meningkatkan peluang agar konten menjadi viral.

Nah, kali ini kami akan membahas apa itu FYP di TikTok dan memberikan beberapa tips agar konten Anda masuk di FYP. 

APA ITU FYP?

For You Page, atau yang disingkat “FYP” adalah halaman pertama yang Anda lihat begitu membuka aplikasi TikTok. Video yang muncul pada halaman FYP merupakan hasil dari algoritma TikTok berdasarkan minat dan interaksi Anda pada video yang pernah Anda lihat sebelumnya. Walaupun Anda tidak Follow akun tersebut, video dari akun tersebut tetap dapat muncul di halaman FYP Anda.

APA SAJA FAKTOR KONTEN MASUK FYP?

Sampai saat ini algoritma TikTok masih menjadi misteri di kalangan content creator. TikTok sendiri pernah menerangkan bahwa sistemnya akan merekomendasikan konten berdasarkan kombinasi beberapa faktor seperti video-video yang sebelumnya pernah Anda lihat.

Menurut Neilpatel, berikut adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi mengapa video tersebut dapat muncul di FYP Anda:

  • Informasi dari video, seperti captions dan hashtag
  • Pengaturan perangkat, seperti pilihan bahasa, negara, dan tipe perangkat Anda.
  • Tipe konten yang Anda share, like, follow, upload dan yang Anda tinggalkan komentar

MENGAPA FYP PENTING?

Konten terbaik biasanya akan masuk FYP di TikTok. User biasanya juga akan menemukan konten baru di FYP. Jika Anda ingin bisnis Anda menjangkau banyak user, Anda perlu masuk FYP.

Untuk membuka peluang agar video Anda masuk FYP, Anda perlu terus menerus upload konten untuk meningkatkan views dan follower. Hal ini dapat membantu Anda menjangkau target audiens.

TIPS KONTEN MASUK FYP

Sama seperti sosial media pada umumnya, algoritma TikTok selalu berubah, jika konten Anda tidak relevan dengan target audiens maka akan lebih sulit untuk masuk ke FYP. Anda dapat menggunakan iklan TikTok jika ingin masuk FYP dengan mudah.

Namun, jika Anda secara konsisten meningkatkan kualitas konten, semakin besar kesempatan konten Anda untuk masuk ke FYP. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas konten di TikTok:

1. Gunakan hashtag trending

Selain judul dan deskripsi pada konten, hashtag juga dapat membantu user untuk menemukan konten Anda. Cobalah untuk menggunakan trending hashtag yang sesuai dengan niche Anda. 

2. Buat video pendek dan engaging

Walaupun Anda dapat membuat video dengan durasi 60 detik, membuat video yang lebih pendek akan lebih memungkinkan untuk ditonton sampai habis oleh user. Hal ini disebabkan oleh consumer behavior attention span zaman sekarang yang cenderung pendek.

3. Gunakan Hook untuk menarik audiens

Berikan Hook menarik di awal video kamu, user akan penasaran dengan kelanjutan dari isi video kamu, sehingga mereka akan terus menyimak video sampai akhir. 3 detik pertama dalam video Anda menjadi penentu apakah user akan lanjut menonton atau langsung melewatkannya begitu saja. Karena itu usahakan 3 detik pertama dalam video Anda cukup menarik perhatian.

4. Kolaborasi dengan sesama content creator

Kolaborasi dengan sesama content creator memungkinkan Anda untuk memperluas jangkauan audiens. Hal ini membuka peluang yang saling menguntungkan untuk kedua belah pihak. Untuk memulainya, Anda dapat coba mencari content creator yang cocok untuk kampanye Anda dan mulai untuk menghubunginya.

5. Gunakan musik atau filter video yang sedang populer/viral

Musik dan filter yang sedang viral juga dapat membantu konten Anda untuk muncul di FYP. Selain itu peluang konten Anda mendapatkan views, likes dan komentar juga akan lebih besar dengan menggunakan musik atau filter yang viral.

6. Upload konten di waktu yang paling banyak user aktif

Jika Anda sudah memiliki 100 followers, Anda dapat melihat dari TikTok account Pro untuk melihat kapan user yang biasa melihat konten Anda online. Cobalah untuk upload konten di jam-jam yang paling banyak user aktif. Jika Anda belum punya 100 followers, Anda dapat mulai mencoba untuk upload konten di jam-jam berikut ini: 

Senin (12.00-13.00 dan 19.00-21.00)

Selasa (15.00-16.00 dan 19.00-21.00)

Rabu (11.00-12.00 dan 19.00-21.00)

Kamis (11.00-12.00 dan 19.00-22.00)

Jumat (11.00-12.00 dan 19.00-22.00)

Sabtu (09.00-11.00 dan 16.00-21.00)

Minggu (07.00-11.00 dan 16.00-12.00)

 

Nah, kira-kira itulah beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar konten TikTok Anda masuk FYP. Anda dapat memantau performa konten dan mengambil keputusan tentang konten seperti apa yang lebih berpeluang untuk masuk FYP. 

Namun, jika Anda ingin konten Anda dengan cepat dilihat banyak orang, Anda dapat memasang iklan di TikTok. Dengan menggunakan jasa iklan TikTok, konten Anda dapat dilihat banyak orang yang memang menjadi target audiens tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk bereksperimen supaya masuk FYP. 

Baca juga: Iklan TikTok: Penargetan, Format, dan Tips untuk Sukses