In-house vs Agency: Tim Digital Marketing Mana yang Lebih Menguntungkan?

Bingung dengan pilihan hire tim marketing sendiri (in-house) atau pakai jasa digital marketing agency?

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang melakukan marketing sendiri, ada waktunya Anda akan kesulitan untuk membagi waktu dan memastikan semuanya berjalan dengan lancar. 

Mungkin Anda mulai berpikir untuk membentuk tim khusus yang menghandle digital marketing, namun di samping itu Anda juga melihat banyak tawaran jasa digital marketing yang cukup menjanjikan.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas perbandingan antara hire tim in-house sendiri dengan menggunakan jasa digital marketing agency.

Biaya 

Membentuk tim digital marketing sendiri, tentunya diperlukan proses rekrutmen, training dan investasi pada tools yang akan digunakan, semua ini memerlukan biaya yang cukup banyak. 

Sedangkan jika Anda menggunakan jasa digital marketing dari agency, pengeluaran Anda dihitung berdasarkan rate jasa yang Anda perlukan. 

Terlebih lagi, Anda juga mengurangi biaya training dan berlangganan pada tools, karena kebutuhan digital marketing Anda sudah terpenuhi dari agensi digital marketing.

Pemahaman Brand Identity

Kelebihan utama adanya tim in-house sendiri adalah pemahaman tim terhadap identitas brand di perusahaannya. 

Sedangkan untuk jasa digital marketing agency, biasanya lebih membutuhkan waktu untuk memahami bisnis dan identitas brand sebelum campaign dijalankan.

Inovasi dan Kreativitas

Tim in-house biasanya sangat kental dengan budaya perusahaan, sehingga seringkali menghadapi tantangan saat mencari ide marketing yang baru. 

Disinilah peran agency dalam membantu menghadirkan ide-ide baru sebagai inovasi dan solusi kreatif untuk perusahaan. 

Hal ini dikarenakan pengalaman agency dalam menghandle klien dari berbagai industri, yang menjadi cikal bakal kelebihan dalam menata strategi yang inovatif.

Fleksibilitas dan Skalabilitas

Agency digital marketing merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis dalam skala kecil, menengah maupun besar. 

Fleksibilitas tim agensi mampu menyesuaikan perubahan strategi dengan cepat, sangat cocok dalam membantu campaign yang berjangka pendek. 

Dalam kondisi bisnis yang kurang mendukung untuk mempertahankan tim internal sendiri, agensi digital marketing merupakan solusi terbaik agar marketing perusahaan tetap berjalan lancar.

Skill Digital Marketing

Skill digital marketing yang handal pada tim in-house cukup langka, hal ini dikarenakan good talent kebanyakan sudah diburu oleh perusahaan startup digital. 

Sedangkan agensi digital marketing pada core bisnisnya memang seputar digital marketing, jika ingin meningkatkan bisnis Anda secara digital, agensi digital marketing merupakan solusi yang tepat.

Perkembangan Teknologi

Teknologi digital marketing selalu berubah, teknologi, platform dan praktik baru selalu bermunculan. 

Agensi digital marketing sangat sensitif mengenai perubahan dan berusaha secepat mungkin untuk mengikuti tren pasar. 

Sebaliknya, tim internal biasanya harus menginvestasikan waktu untuk mengikuti tren dan mengikuti perubahan ini.

Jika Anda ingin meningkatkan bisnis secara digital langsung dengan pakarnya, biarkan kami membantu Anda dengan keahlian kami. Tomato Digital telah membantu ratusan brand di Indonesia untuk mengembangkan bisnis secara digital, konsultasikan kendala Anda disini.

Baca juga: Tips Memilih Digital Agensi yang Tepat Tanpa Mengecewakan