Bagaimana Mengukur Traffic Organik di Google Analytics 4?

Apakah Anda penasaran dari mana user menemukan website Anda tanpa iklan? Bagaimana mereka menggunakan dan berinteraksi di website Anda? Untuk memahami ini, Anda dapat menganalisa traffic organik yang datang ke website bisnis Anda. Dengan menggunakan Google Analytics user behavior bisa dipelajari, berikut adalah beberapa metrik yang perlu Anda perhatikan:

 

Number of visitors

Number of visitors adalah jumlah user yang datang ke website Anda. 

Mengukur jumlah pengunjung dalam traffic organik sangat penting untuk menilai keberhasilan SEO. 

Selain itu, Anda juga dapat memahami audience yang datang ke website Anda, dengan begitu Anda dapat mengambil keputusan bagaimana untuk mengoptimasi website kedepannya.

Session duration

Session duration adalah waktu yang dihabiskan user selama satu sesi. Metrik ini sangat penting untuk mengevaluasi interaksi user, efektivitas konten, dan user experience di website Anda.

Dengan menganalisa metrik ini Anda dapat memahami konten apa yang user Anda lebih sukai, dan bagaimana caranya untuk meningkatkan peluang konversi di website Anda.

Average time on page

Sedikit berbeda dengan session duration, time on page lebih fokus pada seberapa lama user menghabiskan waktu di satu halaman. Dengan metrik ini, Anda dapat memahami bagaimana user berinteraksi dengan konten yang lebih spesifik.

Sedangkan session duration lebih mengarah ke total waktu yang user habiskan dalam sekali kunjungan ke website Anda.

Anda perlu memahami perbedaan antara kedua metrik ini; karena user dapat menghabiskan waktu lebih di satu halaman saja, namun session duration-nya cenderung rendah, begitu juga sebaliknya.

Average pageviews per session

Average number of page adalah rata-rata halaman yang dilihat user selama satu sesi. Metrik ini mencerminkan keterlibatan user dan seberapa bagus kualitas konten Anda sehingga user akan menjelajahi beberapa halaman di website Anda.

Berikut adalah rumus untuk menghitung average page views:

Average page views per session= (Page Views Events + Screen View Events) / Total Sessions

Interactions per visit

Jumlah rata-rata interaksi (klik, download, isi form) yang dilakukan user selama satu sesi. Metrik ini mengukur keterlibatan user dan membantu mengevaluasi efektivitas elemen interaktif di situs Anda.

Bounce rate

Bounce rate adalah persentase pentalan pada satu halaman di mana user keluar dari halaman tersebut tanpa interaksi. Dengan menganalisa bounce rate pada traffic organik, kita dapat memahami intensi user saat menggunakan website kita. Jika keluarnya cepat, kemungkinan user tidak menemukan apa yang mereka cari. Dari sini Anda dapat mengevaluasi kembali komponen apa yang perlu ditingkatkan.

Jika Anda ingin mempelajari bounce rate lebih lanjut, Anda dapat melihat artikel ini: Memahami Bounce Rate Website pada Google Analytics

Exit rate

Metrik ini dapat membantu Anda untuk menentukan halaman tertentu yang di mana user kemungkinan besar akan meninggalkan website. Dengan memahami exit rate, Anda akan mendapat insights tentang potensi masalah pada konten, user experience, atau jalur konversi.

Traffic source

Traffic source adalah berbagai cara orang menemukan website Anda, bisa saja dari iklan, media sosial, penelusuran organik, penelusuran langung dan penelusuran rujukan. Dengan mengetahui dari mana para user datang ke website, Anda dapat mengevaluasi channel mana yang mendatangkan traffic paling banyak dan menyesuaikan cara approach yang lebih efektif ke target audience Anda.

Device source

Anda juga dapat memahami perangkat apa yang user gunakan saat menelusuri website Anda; seperti desktop, seluler, atau tablet. Hal ini dapat membantu Anda untuk memastikan apakah tampilan website Anda sudah cocok dengan perangkat mereka. 

Dengan menyediakan tampilan website yang fleksibel untuk berbagai device, user experience website Anda akan dinilai baik oleh user, dan membuat mereka semakin betah untuk menggunakan website Anda.

Jika dilihat secara keseluruhan, metrik-metrik ini dapat membantu Anda untuk memahami user behavior, keterlibatan, dan seberapa menarik dan bermanfaat website Anda di mata user.

Beberapa metrik Google Analytics ini dapat Anda evaluasi secara berkala dan dimanfaatkan untuk meningkatkan user experience, kualitas konten, dan performance website secara keseluruhan.

Jika Anda kesulitan dalam meningkatkan traffic organik ke website Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami. Tomato Digital menyediakan jasa SEO profesional yang mampu meningkatkan traffic organik dengan teknik white hat SEO. Dapatkan konsultasi gratis sekarang!