Lead Generation: Pengertian dan Cara Meningkatkan Sales

Dalam menghadapi persaingan pasar yang sangat kompetitif, perusahaan tentunya berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan penjualan untuk memperluas pangsa pasarnya. 

Sebelum maraknya teknologi digital, beriklan di media tradisional, cold calls, dan metode lainnya merupakan cara yang sering dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan client baru, namun faktanya metode ini kurang efektif diterapkan untuk saat ini.  

Kenyataannya, saat ini sekitar 97% konsumen menolak panggilan dari bisnis dan nomor yang tidak dikenal, hal ini menunjukkan bahwa metode marketing tradisional kurang efektif. Jika Anda ingin membuka peluang bisnis dan melakukan ekspansi pasar yang lebih luas, Anda dapat menggunakan strategi digital marketing dan memahami bagaimana itu dapat menghasilkan lead generation. 

Apa itu Lead Generation?

Arti dari “Lead” sendiri adalah prospek/calon pelanggan yang berpotensi untuk membeli produk atau jasa bisnis Anda. Sementara Lead Generation adalah proses untuk menarik lebih banyak calon pelanggan. Hal ini sering kali dilakukan dengan cara marketing mendapatkan kontak calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau jasa bisnis Anda. 

Apa saja Manfaat Lead Generation?

Lead generation memiliki banyak keuntungan, bukan hanya mendatangkan pengunjung ke website atau memberikan “like” pada postingan sosial, tetapi juga merupakan alat yang membuat calon pelanggan tertarik dengan bisnis Anda dan mengarahkan mereka untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sedikit berbeda dengan marketing tradisional karena dengan adanya lead generation pelanggan Anda dapat lebih aktif berinteraksi dengan Anda, dan lebih berpotensi untuk membeli barang atau Anda.

Selain itu, lead generation dapat membantu meningkatkan efisiensi marketing, brand awareness, membuat penargetan konsumen semakin akurat dan membina hubungan baik dengan konsumen.

Strategi Mendapatkan Lead yang Ampuh

Pasang Iklan Digital

Iklan digital sangatlah penting dalam pemasaran online. Hal ini memungkinkan produk Anda untuk ditemukan target konsumen Anda walaupun mereka belum mengenal merek atau perusahaan Anda. Iklan digital yang seringkali digunakan oleh brand owner di Indonesia adalah Google ads dan social media ads seperti Facebook ads, Instagram ads, LinkedIn ads dan TikTok ads.

Dengan menggunakan iklan digital, iklan Anda dapat tertarget secara akurat. Selain itu, iklan digital juga memungkinkan Anda untuk melakukan retargeting untuk calon pelanggan yang lebih berpotensi melakukan pembelian.

Content Marketing

Dengan konten berkualitas tinggi dan relevan, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan calon pelanggan dengan merek. Anda dapat membuat konten seperti artikel blog yang memberikan nilai kepada audience Anda, dan Anda dapat meningkatkan visibilitas online dan trafik organik dengan menggunakan teknik SEO.

Social Media

Aktifkan sosial media bisnis Anda untuk berinteraksi dengan audiens Anda. Buat konten yang informatif dan membalas comment sangatlah penting untuk membangun brand awareness dan membina koneksi dengan target audience bisnis Anda.

 

Dengan menggunakan strategi digital marketing, Anda dapat lebih memahami audiens dan mengerti bagaimana cara untuk membangun jaringan dengan pelanggan potential Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam meningkatkan lead, Anda dapat menggunakan jasa digital marketing Tomato Digital yang sudah berhasil membantu ratusan bisnis untuk memperluas pasar mereka dengan digital marketing. Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan konsultasi gratis.