Alasan Facebook Ads Gagal Memasarkan Bisnis Anda

Facebook kini memegang peranan penting dalam Social Media Marketing. Apa lagi, Facebook Ads kini telah menjadi cara termudah dan termurah untuk mengiklankan sesuatu secara online. Namun, kesalahan-kesalahan dalam proses menjalankannya dapat menjadi alasan Facebook Ads gagal menjalankan perannya.

Padahal, jika dimanfaatkan dengan benar tanpa melakukan kesalahan, Facebook Ads dapat membantu menjangkau audiens yang lebih luas melalui salah satu platform dengan pengguna terbesar di dunia. Apa lagi, Facebook Ads dapat membantu mengkategorikan iklan berdasarkan usia, ketertarikan, perilaku, lokasi, status perkawinan, dan lain-lain.

Jadi, agar dapat beriklan dengan facebook ads dengan efektif, mari cari tahu apa saja alasan Facebook Ads gagal menarik pengunjung dan calon customer. Mari baca penjelasan selengkapnya di bawah ini, ya!

Tidak Melakukan Riset Audiens Terlebih Dulu

Facebook merupakan rumah dari segala jenis audiens yang berbeda. Tergantung dari apa yang Anda tawarkan, audiens yang akan Anda dapatkan bisa saja besar, kecil, atau benar-benar tidak sama seperti yang sudah ditargetkan.

Untuk menemukan audiens yang tepat, perlu pengujian untuk mereset audiens terlebih dulu. Jadi, sebelum mencoba iklan spesifik dengan copywriting atau format iklan, cobalah untuk mereset audiens terlebih dulu.

Mungkin dengan melakukan tebakan-tebakan, sebuah tayangan iklan Facebook Ads dapat berhasil, namun tidak semua kasus sedemikian beruntung. Tanpa riset, Anda mungkin akan gagal menargetkan Facebook Ads sehingga kampanye Anda tidak bekerja efektif untuk menarik customer.

Menargetkan Audiens yang Sesuai Namun dengan Penawaran yang Salah

Alasan Facebook Ads gagal juga bisa saja karena Anda memberikan penawaran yang salah atau kurang tepat. Mungkin target audiens Anda memang sudah benar dan sesuai, namun sayangnya penawaran yang Anda berikan kurang tepat.

Padahal, penawaran yang sesuai juga menentukan dalam efektif tidaknya sebuah iklan berjalan. Jadi Anda perlu mencari tahu apa yang target audiens Anda inginkan dan butuhkan sehingga dapat memberikan penawaran yang tepat. Pastikan juga pesan yang Anda sampaikan di iklan cukup berdampak dan menarik untuk mengarahkan audiens menjadi customer Anda.

Budget Iklan Anda Terlalu Rendah atau Terlalu Tinggi

Budget yang Anda tetapkan harus ditentukan berdasarkan beberapa faktor yang tepat dengan kampanye yang sedang Anda jalankan. Jika budget yang Anda pasang terlalu tinggi, hal ini akan menyebabkan overspending dan menyebabkan biaya marketing Anda meningkat dan menyebabkan kerugian pada bisnis.

Akan tetapi, memasang budget terlalu rendah juga akan menyebabkan alasan Facebook Ads gagal bekerja. Sebab, terlalu rendahnya budget akan menyebabkan kampanye iklan Anda tidak mampu bersaing dengan kompetitor yang memiliki budget lebih tinggi.

Memilih Jenis Ads yang Tidak Sesuai dengan Model Iklan

Facebook menawarkan berbagai tipe ads yang berbeda, dan kadang membingungkan harus memilih yang mana. Kesalahan umum biasanya terjadi akibat Anda salah memilih tipe ads tanpa memastikan apakah jenis ads tersebut sesuai dengan model iklan Anda.

Banyak sekali opsi ads yang terdapat di Facebook untuk dipilih, mulai dari ads yang berguna untuk meningkatkan pengunjung event, ads untuk menarik audiens ke website, atau ads yang mengarahkan audiens untuk mengunduh sebuah aplikasi. Oleh karena itu, penting sekali untuk familiar terhadap masing-masing tipe ads yang ditawarkan sehingga Anda dapat memilih jenis yang sesuai.

Nah, itu dia beberapa alasan Facebook Ads gagal memasarkan bisnis Anda dan gagal menarik audiens. Sebaiknya, Anda menghindari berbagai alasan di atas agar tidak sia-sia menjalankan kampanye iklan Facebook.

Namun, jika Anda ingin keberhasilan 100% ketika memasang Facebook Ads, coba saja hubungi Tomato Digital. Tomato Digital adalah agensi digital marketing yang dapat memastikan kampanye iklan Facebook Anda berjalan lancar dan efektif tanpa kendala.