Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara mengoptimasi sebuah website untuk menaikkan peringkat website tersebut agar dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian natural. Jika Anda melihat hasil pencarian dari paling atas, di urutan pertama mungkin akan tertera tulisan “AD” yang berarti adalah iklan. Sedangkan peringkat hasil pencarian natural SEO berada di bawah iklan, tanpa tulisan “AD”. Jika iklan adalah berbayar per klik, sedangkan hasil pencarian natural sama sekali gratis, jika anda bisa melakukan optimasi sendiri.

SEO berpedoman pada algoritma mesin pencari seperti Google. Algoritma ini seperti mesin yang bekerja untuk memilah dan dan mengurutkan peringkat jutaan website di Google agar pengguna mampu menemukan informasi yang berguna dan yang benar-benar mereka butuhkan sesuai kata-kata yang dimasukkan pengguna pada search bar. Itu sebabnya poin penting optimasi website adalah kata kunci, konten website, backlink, website struktur (user experience, kecepatan website, dan bounce rate) dan masih banyak lagi. Untuk mengoptimasi poin-poin tersebut pun juga tidak bisa asal sembarangan sebagai contoh. Bila memilih kata kunci, tidak bisa memasukkan sembarang kata kunci yang terlalu banyak bahkan tidak berhubungan dengan tujuan website tersebut. Begitu pula dengan isi website. Jika algoritma mesin pencari tidak bisa menangkap maksud dari isi website tersebut atau tidak mengandung kata kunci yang dipilih, maka sebagus apapun anda menulis copywritingnya, semuanya tidak berguna. Karena algoritma mesin pencari akan menganggap website Anda bukan website yang bagus yang dapat membantu pengguna internet. Sedangkan backlink, algoritma mesin pencari akan menilai apakah backlink-backlink ataupun outbound link di website anda juga memiliki kualitas yang baik dan bukan hanya outbound link palsu yang tidak memiliki arti. Lalu struktur website. Jika struktur website Anda buruk, maka pengguna akan dengan cepat keluar dari website Anda tersebut. Ini bisa membuat bounce rate website anda tinggi dan akan dianggap oleh website yang tidak baik oleh algoritma mesin pencari.

Itulah tadi sedikit tips untuk melakukan SEO. Anda juga tidak bisa membohongi algoritma, jadi sebisa mungkin lakukan dengan jujur agar tidak mendapat penalti dari Google ataupun mesin pencari lainnya. Bila ingin melakukan SEO, peringkat website anda juga tidak bisa langsung naik peringkat, melainkan membutuhkan waktu untuk algoritma mesin pencari mengenali dan memahami website anda tersebut dan menyusun kembali peringkat naturalnya, karena itu seo harus dilakukan secara jangka panjang dan butuh kesabaran.