Pahami istilah istilah di Laporan Google Search Ads!

Search Engine Marketing (SEM) adalah metode pemasaran digital, yang mencakup optimasi SEO dan iklan PPC (Pay Per Click) untuk mendapatkan jumlah klik yang banyak.

Iklan PPC, juga dikenal sebagai keywords ads, adalah jenis iklan digital. Setiap kali pengguna mengklik iklan Anda, Anda harus membayar sejumlah biaya kepada platform, seperti Google.

Pengoperasian website dan iklan PPC harus terbiasa dengan berbagai istilah profesional untuk memahami pengoperasian laporan iklan SEM. Berikut ini adalah penjelasan rinci tentang istilah periklanan ini untuk Anda:

CPC (Cost Per Click)

Iklan PPC dan CPC (Cost Per Click) digunakan untuk mengevaluasi efektivitas biaya dan profitabilitas operasi website SEM. Dan CPC berarti biaya iklan PPC.

CTR (Click Through Rate)

Klik adalah salah satu cara untuk mengukur perhatian dan popularitas sebuah website. Kualitas dan lokasi iklan SEM akan mempengaruhi CTR (Click Through Rates) dan biaya semua iklan PPC yang harus Anda tanggung.

CVR (Conversion Rate)

Selain biaya iklan per klik, faktor operasi SEM juga dipengaruhi oleh CVR (Conversion Rate)! CVR adalah persentase konversi transaksi yang diklik pencari pada iklan Anda.

Rumus rasio konversi iklan CVR = (konversi iklan / klik iklan) x 100%.

ROI (Return On Investment)

Efektivitas iklan pada operasi website SEM dapat dihitung secara sederhana dengan Berapa keuntungan bersih yang dihasilkan iklan tersebut? dan Berapa banyak uang yang dihabiskan untuk iklan? Tapi bagaimana cara menghitungnya? Gunakan rumus ROI (Return On Investment)!

Rumus ROI pengembalian investasi = [(biaya iklan konversi laba kotor) biaya iklan] x 100%, yang mengacu pada proporsi laba kotor yang diperoleh untuk setiap rupiah yang diinvestasikan.

Apabila Anda tertarik menggunakan jasa iklan Google Ads Jakarta, jangan ragu untuk menghubungi Tomato Digital Indonesia selaku Digital Agency terbaik di Indonesia.