Bisakah website Sekolah menggunakan Google Analytics? Sangat bisa!

Anda berasal dari institut pendidikan? Ingin mempromosikan sekolah Anda lewat digital? Sangat bisa! Dengan memasang Google Analytics pada website sekolah Anda, Anda dapat menganalisa performa website dan bisa menentukan langkah selanjutnya, seperti menggunakan jasa SEO Jakarta ataupun jasa pasang iklan Google Ads.

Mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan objektif tentang bagaimana orang mengunjungi dan menggunakan website sekolah Anda adalah langkah pertama Anda. Kemudian Anda dapat menggunakan data yang solid untuk tidak hanya meningkatkan performa website sekolah Anda, tetapi juga mulai mengukur peningkatan dan menetapkan tujuan spesifik pada website sekolah Anda.

Google Analytics dan Sekolah Anda

Jika Anda ingin mengumpulkan data yang dapat mendukung keputusan Anda terkait optimasi website sekolah, Google Analytics adalah jawabannya. Google Analytics juga memiliki kekuatan yang dapat diterapkan untuk sekolah mana pun yang ingin menerapkan manajemen pada website mereka. Sekolah juga dapat memperoleh manfaat dari lebih banyak pengunjung, dimulai dari desain website yang baik juga strukur yang jelas agar mereka dapat memaksimalkan waktu menjelajahi website.

Google telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam menyediakan layanan dan produk terkait internet yang user friendly untuk berbagai macam industri, salah satunya institut pendidikan, dan Google Analytics adalah alat yang menyediakan berbagai macam fitur yang berguna.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda:

1. Hubungkan website sekolah Anda dengan Google Analytics

Google Analytics adalah tools gratis dan mudah dihubungkan dengan website sekolah Anda. Hanya dengan menambahkan beberapa kode ke situs web Anda, klik lanjutkan dan login.

2. Tetapkan durasi tanggal Anda

Penting untuk Anda memahami cara menggunakan durasi  tanggal. Di sudut kanan atas beranda Google Analytics Anda, Anda akan melihat durasi tanggal dan dengan mengekliknya. Anda dapat menentukan durasi yang ingin Anda tinjau dalam laporan. Selain itu, Anda dapat membandingkan durasi waktu sebelumnya untuk membantu menganalisa optimasi website.

3. Lacak dari mana pengunjung website sekolah Anda berasal

Mengetahui rute yang diambil pengunjung untuk mengunjungi website Anda dapat menggali peluang komunikasi antar sekolah Anda dengan calon murid ataupun orang tua. Anda mungkin melihat dengan berkembangnya penggunaan platform sosial media untuk sekolah, banyak pengunjung yang datang dari Facebook, Instagram dan Twitter. Karena itu, sangat disarankan untuk mulai berbagi lebih banyak konten di platform tersebut.

4. Tentukan konten yang populer di website sekolah Anda.

Pengunjung website semakin tidak sabar, jadi website sekolah Anda harus dapat membawa mereka ke tempat yang mereka inginkan dengan cepat. Analisa konten dapat membantu Anda mengidentifikasi halaman apa yang paling populer dikunjungi, dan membantu Anda membuat konten tersebut mudah diakses dari halaman utama website sekolah Anda. Ini membuat website sekolah Anda jauh lebih user friendly.

5. Jasa Web Design Jakarta sangat membantu!

Anda mungkin berpikir Anda memiliki struktur website yang bagus, tetapi penampilan desain website Anda dapat mempengaruhi bagaimana pengunjung berinteraksi. Disarankan untuk menganalisa halaman di website Anda. Ini dapat membantu Anda untuk memposisikan konten yang populer di area yang menonjol, sehingga pengunjung tidak perlu bingung untuk menemukan tautan yang mereka ingin cari.

6. Tahu apa yang user butuhkan

Google telah menetapkan standar untuk menelusuri apa saja, dan bagaimana pencarian pengunjung Anda dapat membantu Anda meningkatkan kualitas website sekolah Anda. Setiap pencarian dalam situs Anda dapat dianalisa juga. Data penelusuran dapat membantu Anda mempromosikan konten yang ditelusuri secara rutin ini pada tautan di beranda dan navigasi. Juga, pertimbangkan ketika seseorang menggunakan pencarian, Anda mungkin tidak membuatnya mudah bagi mereka untuk menemukan informasi secara intuitif.

7. Pelajari perangkat yang digunakan user saat mengunjungi website sekolah Anda.

Tahu perangkat apa yang digunakan pengunjung situs Anda sangat penting. Desktop, tablet, smartphone, masing-masing bekerja dengan cara yang berbeda pada website Anda. Meningkatnya jumlah pengguna smartphone dapat menunjukkan sekolah Anda harus menggunakan website dengan desain responsif (RWD).

Untuk lebih mengenal jasa pembuatan website perusahaan, silahkan hubungi Tomato Digital Indonesia.