Mending .com vs .co.id? Cari tahu apa keuntungannya!

Jasa pembuatan website perusahaan tidak luput dari istilah nama domain. Contohnya saja seperti www.tomato.co.id.

Tetapi Anda mungkin bingung banyaknya link website yang bagian akhirnya menggunakan .com dan .co.id. Sebenarnya apa bedanya?

gTLD (Generic Top Level Domain)

gTLD, atau kepanjangannya yaitu Generic Top Level Domain pertama kali dibuat pada Januari 1985, berikut adalah penjelasannya:

  • .com: Ditujukan untuk organisasi komersial.
  • .info: Ditujukan untuk  website berita.
  • .net: Ditujukan untuk penyedia layanan jaringan.
  • .biz: Ditujukan untuk penggunaan komersial.
  • .name: Ditujukan untuk penggunaan pribadi.
  • .edu: Ditujukan untuk institusi pendidikan.
  • .gov: Ditujukan untuk lembaga pemerintah.

 

Saat ini, gTLD (Generic Top Level Domain) ini dikelola oleh ICANN (nternet Corporation for Assigned Names and Numbers), dan nama domainnya tidak dibedakan berdasarkan wilayah, sehingga dapat digunakan secara internasional.

ccTLD (Country Code Top Level Domain)

ccTLD (Country Code Top Level Domain) adalah kombinasi dari singkatan dua huruf dari nama negara atau wilayah, misalnya: .id untuk Indonesia, .us untuk Amerika Serikat, .jp untuk Jepang, dan lainnya. ccTLD Indonesia juga dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo)

.com vs .co.id, mending yang mana?

Semua orang menyadari .com dan .co.id ada keuntungannya masing-masing. Nah berikut adalah beberapa perbedaan mendasar untuk domain dengan ekstensi .com dan .co.id!

Jangkauan

Dilihat dari namanya sudah bisa ditebak, ekstensi domain .com dapat diakses dari seluruh dunia. Jadi misal websitemu berlokasi di Indonesia, orang yang berlokasi di Afrika pun juga bisa mengakses.

Sedangkan ekstensi domain .co.id khusus untuk negara Indonesia. Ekstensi domain ini hanya bisa digunakan dengan skala lokal saja dan karena itu, terjaga keamanannya karena dijaga secara eksklusif oleh pemerintah Indonesia atau KOMINFO.

Syarat pembelian

Jika Anda mau membeli domain dengan ekstensi .com, pembelian tidak diberikan syarat atau ketentuan apapun.

Namun berbeda dengan jika Anda membeli domain .co.id. Syarat dan ketentuannya sangat beragam, mulai dari menyertakan data pribadi seperti Paspor, Akta, SIUP dan lainnya, tergantung dari ekstensi domain apa yang dipilih.

Namun umumnya jasa pembuatan website perusahaan bisa membantu membeli domain.

Sisi SEO

Website dengan ekstensi domain .com akan memberikan informasi ke search engine bahwa webstie tersebut bersifat ‘netral’, dalam arti tidak berfokus pada satu tempat.

Sedangkan website dengan domain .co.id berbeda, search engine akan mendapat informasi bahwa website kamu ditujukan kepada lokasi di Indonesia. Sehingga, jika website perusahaanmu dengan ekstensi .co.id, kemungkinan peringkat website di bagian atas sangat tinggi, karena Google Search berusaha memberikan hasil yang relevan dengan pencarian para user. Dengan menggunakan jasa SEO Jakarta, kemungkinan ranking website kamu berada di atas semakin tinggi.

Jika ada pertanyaan mengenai domain, juga memerlukan jasa pembuatan website perusahaan di Jakarta, silahkan menghubungi Tomato Digital Indonesia.