Google berencana memperpanjang third-party cookies hingga tahun 2023!

Google telah mengumumkan sejak awal tahun 2020 bahwa Google akan menghentikan support browser Chrome untuk third-party cookies dalam kurun waktu 2 tahun sebagai bagian dari proyek Privacy Sandbox. Namun, Google terus membahas detail Privacy Sandbox dengan regulator di Inggris Britania Raya dan negara lain. Jadwal terbaru untuk rencana ini juga telah ditunda hingga pertengahan tahun 2023, dan dikatakan akan memberi agensi digital marketing lebih banyak waktu untuk beradaptasi dengan perubahan dan menghindari membahayakan banyak perusahaan yang menggunakan konten gratis sebagai model bisnis mereka.

Google awalnya menyatakan bahwa mereka diharapkan untuk menghentikan dukungan Chrome untuk third-party cookies sebelum tahun 2022. Ini juga berarti bahwa pada saat itu, teknologi periklanan baru seperti Privacy Sandbox akan benar-benar ada dan beroperasi.

Namun, masalah yang dihadapi Google adalah bahwa agency digital marketing akan memiliki perubahan besar dalam melacak dan menargetkan pengguna Internet di masa depan. Untuk alasan ini, tuntutan hukum antimonopoli telah diajukan terhadap Google. Regulator di berbagai negara telah memperkuat tinjauan rencana Google.

Chrome dan perusahaan lain mengajukan lebih dari 30 proposal, 4 di antaranya sudah tersedia dalam uji coba awal. Secara khusus, tujuan Google untuk Chrome adalah untuk menerapkan teknologi utama, termasuk FLoC (Federated Learning of Cohorts), pada akhir tahun 2022, dan menyediakan komunitas pengembang untuk mulai mengadopsinya. Menurut kerja sama antara Google dan Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris Britania Raya (CMA), Chrome diperkirakan akan menghentikan dukungan third-pary cookies dalam waktu 3 bulan, yang diharapkan akan dimulai pada pertengahan tahun 2023 dan berakhir pada akhir tahun yang sama. 

Rencana Google untuk Chrome dibagi menjadi dua fase:

#1 Fase pertama akan dimulai pada akhir 2022. Setelah uji coba selesai dan API akan diluncurkan di Chrome, Google akan mengumumkan peluncuran fase pertama. Fase ini diperkirakan akan berlangsung selama 9 bulan, dan pengiklan serta perusahaan akan memiliki waktu untuk mentransfer layanan online mereka. Sebelum memasuki fase kedua, Google juga akan memantau dengan cermat adopsi teknologi baru dan umpan balik pengguna.

#2 Fase kedua akan dimulai pada pertengahan tahun 2023, dan Chrome akan menghentikan dukungan untuk third-party cookies dalam waktu 3 bulan pada akhir tahun 2023.