Waspada Upaya Penipuan Mengatasnamakan Tomato Digital Indonesia

Sehubungan dengan banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan departemen personalia (HRD) Tomato Digital Indonesia dengan modus rekrutmen, kami himbau agar seluruh kandidat yang ingin melamar pekerjaan untuk waspada. 

Jalur rekrutmen hanya kami terima melalui Website official dan LinkedIn, kami tidak pernah menggunakan Facebook, Whatsapp maupun Telegram dari karyawan kami untuk menawarkan pekerjaan dan proses rekrutmen kami tidak pernah memungut biaya sepeserpun dari kandidat yang ingin melamar.

Untuk itu kami ingin membagikan kronologi penipuan yang sudah pernah terjadi, dengan harapan tidak akan ada korban selanjutnya. 

Modus penipuan dilakukan dengan cara penipu mengaku mereka sebagai perwakilan dari Tomato Digital Marketing dan sedang bekerjasama dengan Shopee. Skema penipuan yang terjadi adalah sebagai berikut:

          1.Penipu memberikan misi pada korban untuk memasukan barang ke keranjang belanja shopee dari link yang sudah diberikan.

          2.Penipu akan mencegah korban untuk melakukan pembayaran di shopee dengan cara menghimbau korban untuk tidak menekan tombol “beli”.

          3.Penipu memberi nomor rekening yang mengharuskan korban untuk transfer uang sebesar harga barang dari link yang sudah diberikan sebelumnya .

Selain itu, terdapat modus penipuan lainnya dengan skema bahwa penipu mengaku mendapatkan nomor korban dari LinkedIn atau bagian personalia (HRD) Tomato Digital Indonesia dan menawarkan pekerjaan dengan posisi sebagai Social Media Specialist. Pekerjaan yang ditawarkan berupa; penipu meminta korban untuk mem-follow social media beberapa artis Indonesia. Selanjutnya, korban akan diundang ke grup Telegram dan meminta korban untuk transfer ke rekening penipu.

Adapun modus penipuan lainnya berkedok investasi cryptocurrency yang terselubung dalam grup Whatsapp yang mengatasnamakan Tomato Digital Indonesia. Sekali lagi kami ingin menekankan bahwa kami selaku pihak Tomato Digital Indonesia tidak pernah menggunakan atribut apapun yang merugikan siapapun. Untuk itu kami tidak bertanggungjawab atas kerugian akibat dari penipuan yang mengatasnamakan Tomato Digital Indonesia.

Kami menghimbau agar semua orang untuk waspada saat mendapatkan pesan dari nomor-nomor di bawah ini:

0838-5128-6220

0878-4239-9749

0831-4573-2357  

0823-6030-3340

0823-4599-8492 

0823-4374-5262 

+60 11-6052-7358

+60 11-6373-5037

Berikut adalah beberapa contoh pembicaraan antara penipu dan korban yang sudah pernah terjadi:

Link Facebook: https://fb.me/4OD5HwFrl