TikTok Shop Kembali Dibuka di Indonesia

TikTok Shop yang sebelumnya sempat dilarang di Indonesia akan kembali beroperasi. Hal ini secara resmi sudah diumumkan langsung lewat siaran pers di situs resmi TikTok Indonesia, per tanggal 11 Desember 2023 TikTok Shop sudah dapat digunakan kembali, seller lama pun dapat mengakses kembali tokonya.
 

Perusahaan induk TikTok, ByteDance, telah menyetujui investasi sebesar 23.4 triliun untuk joint venture dengan perusahaan GoTo Group yang nantinya akan memiliki kontrol atas TikTok Shop. 

 

Untuk memulai kolaborasi strategis ini, akan ada periode uji coba yang akan dilakukan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian dan lembaga terkait. Kampanye Beli Lokal, yang akan diluncurkan pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023, adalah salah satu program yang akan diluncurkan selama uji coba ini.

 

Kedepannya, kerjasama ini dipercaya akan meningkatkan ekonomi Indonesia dan membantu banyak pelaku usaha di sektor UMKM. Dengan munculnya kembali TikTok Shop, diharapkan dapat membantu pengusaha kecil untuk memperluas jangkauan bisnis melalui daring.